Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin and Peck untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Indri Yuli Yanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ignatius I Wayan Suwatra Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094

Keywords:

LKS, model Hannafin and Peck, pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan LKS dengan model Hannafin and Peck, (2) Untuk mengetahui kualitas hasil pengembangan LKS model Hannafin and Peck, (3) Untuk mengetahui efektivitas LKS IPA model Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data, yaitu: metode kuisioner, dan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan deskripstif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.(1) Rancang Bangun pengembangan LKS, meliputi 3 tahapan: Analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). (2) LKS yang valid: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan sangat baik (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan baik (86%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan sangat baik (91%), (d) hasil review uji coba perorangan menunjukkan sangat baik (98%), (e) hasil review uji coba kelompok kecil menunjukkan sangat baik (97,5%), (f) hasil review uji coba lapangan menunjukkan sangat baik (92,7%). (3) hasil belajar IPA (thitung = 4.077 > ttabel = 1,67155 pada taraf signifikansi 5%).

References

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Departemen Pendidikan Nasional.

Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Perada.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta

Agung, A. A. G. 2014. Buku Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Ernawati, Andi. Misykat, M. Ibrahim,A,A. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas Xii Ipa Sma Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek Volume 5,No 2, Desember. Terdapat pada http://journal.uin alauddin.ac.id /index. php/biotek/article/download/4276/3999 (Diakses tanggal 27 April 2019).

Fathurrohman, P. H., dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Reflika Aditama.

Febrianti, Erni. Sri,H. Kasmadi,I,S. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Larutan Penyangga Model Problem Based Learning Bermuatan Karakter Untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education 4 (1). Terdapat pada https:// journal. Unnes .ac.id / sju / index . php/jise/article/view/6890/5841 (Diakses tanggal 27 April 2019).

Sudarma, K. Tegeh, T. & Prabawa, D. A. P. 2015. Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tegeh, I Made & Kirna, I Made. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Yogyakarta Graha Ilmu.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group

Downloads

Published

2020-03-10

How to Cite

Yuli Yanti, I., Pudjawan, I. K., & Wayan Suwatra, I. I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin and Peck untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Technology, 4(1), 67–72. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094

Issue

Section

Articles