PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12504Kata Kunci:
Snowball Throwing, Media Audiovisual, Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPAAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audiovisual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 177 orang. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVC SD N 28 Dangin Puri sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD N 21 Dangin Puri sebagai kelompok kontrol. Data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrument berupa tes objektif pilihan ganda biasa berjumlah 37 butir soal yang divalidasi. Data penguasaan kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan t-test.Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audiovisual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Jelantik Denpasar Utara tahun pelajaran 2016/2017. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung = 2,50 dan pada taraf signifikansi 5% (=0,05) dengan dk= (33+38) –2 = 69 diperoleh ttabel = 2,00. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 2,50>ttabel(α=0,05) = 2,00.Demikian pula nilai rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen =81.84 >= 76.81 rerata penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran Snowball Throwing berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV di SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Jelantik tahun pelajaran 2016/2017.
Referensi
Agung, A. A. Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ayu Susanti. 2014. “Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Gugus I Gusti Ngurah Rai Denpasar”. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 2-9).
Dantes, Nyoman. 2014. Analisis dan Desain Eksperimen. Singaraja: Pascasarjana Undiksha.
Jati Gunawan, I Kadek. 2016. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Dengan Teknik Snowball Throwing Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV”. Mimbar PGSD, Volume 6, Nomor 3 (hlm. 2-8).
Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Koyan, I Wayan. 2007. Statistika Terapan (Teknik Analisis data Kuantitatif). Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurniasih, Imas. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta:. Aswaja Pressindo.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 2014Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pusaka Insan Madani.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wisudawati, Asih Widi. 2014. Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiyani, Noval Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)