HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859Kata Kunci:
minat belajar, motivasi belajar dan hasil belajar IPA.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V SDI Bajawa yang berjumlah 42 orang. Sampel pada penelitian ini diambil dari keseluruhan jumlah populasi yang berjumlah 42 orang dengan persyaratan bahwa jika jumlah populasi mencapai 100 maka penelitian dikatakan penelitian populasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk variabel minat belajar dan motivasi belajar sedangkan hasil belajar menggunakan tes obyektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDI Bajawa melalui persamaan regresi Ŷ= 17.335+0,040 X1 dengan kontribusi sebesar 0,8 % dan sumbangan efektifnya sebesar 0,01%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDI Bajawa melalui persamaan regresi Ŷ = 6.202 + 0,172 X2 dengan kontribusi sebesar 9 % dan sumbangan efektifnya sebesar 0,09%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDI Bajawa melalui persamaan regresi Ŷ = 4.001 + 0,030 X1 + 0,170 X2 dengan kontribusi sebesar 10,4 % dan sumbangan efektifnya sebesar (SE) 0,01 = 1%. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDI Bajawa, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada. Dengan demikian kedua faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tolak ukur keberhasilan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA dan mata pelajaran lain pada umumnya.
Referensi
Arikunto, Suharismi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta. Depdiknas.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Koyan, I Wayan. (2012). Statistik Pendidikan: Tehnik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Laksana, D.N L. (2017). The Effectiveness of Inquiry Based Learning for Natural Science Learning in Elementary School. Journal of Education Technology, 1(1), 1-5.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Prihantoro. (2010). Model Pembelajaran Terpadu.Jakarta. PT.Bumi Aksara
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan. (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. (2001). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2003). Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Bandung : Usaha Nasional.
. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara: Jakarta.
Uno. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta. Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)