PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22362Kata Kunci:
Snowball Throwing, Penilaian Kinerja, IPAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah experimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V semester II di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 192 orang siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan tehnik random sampling dan diperoleh Sekolah Dasar Negeri 2 Tegalinggah sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan Sekolah Dasar Negeri 1 Panji Anom sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar IPA dengan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial (uji-t sparated varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3,29 dan ttabel sebesar 2,004 dengan taraf signifikansi 5% dan db = 62. Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja adalah 18,94 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja yaitu 16,31. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Saran untuk penelitian selanjutnya, untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lain dengan memperhatikan kendala-kendala yang dialami dalam penelitian sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam penelitian selanjutnya.
Referensi
Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Husien, Latifah. 2017. Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Widiana, I Wayan. 2016. “Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Tersedia pada http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50/47 (diakses tanggal 29 Desember 2018).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Cet ke-3. Kata Pena.
Marhaeni, A. A. I. N., dkk. 2017. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Oktaviani, L. 2014. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA”. Tersedia pada http: //download. portalgaruda.org/article.php? article=258500&val=7028&title=PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASESMEN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (diakses tanggal 5 Januari 2019).
Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Aniati, Ni Putu Eka Restiti. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa KelasV”.Tersediapadahttps: //ejurnal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSD/article/viewFile/7376/503 (diakses tangal 14 Desember 2018)
Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuningsih, Sri Wida. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Sangsit Buleleng”. Tersedia pada https://ejournal .undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10984/7037 (dikases tanggal 23 Desember 2018).
Dewi, Gusti Ayu Made Taria. 2016. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Tersediapada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/viewFile/7264/4962 (diakses tanggal 07 Januari 2019).
Marhaeni, A. A. I. N., dkk. 2017. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Murdiono, Mukhamad. 2012. Staregi Pembelajaran Kewarganagaraan. Yogyakarta: Ombak.
Puspita, Mita. 2014. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V pada Gugus 7 Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014” Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JJPGSD/article /view/2643/2237 (diakses tanggal 25 Mei 2019).
Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Model-Model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suardika, I Putu. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile /3874/3100 (diakses tanggal 11 Mei 2019).
Sujiantari, Kadek. 2016. “Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016)”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article /viewFile/7573/5171 (diakses tanggap 11 Mei 2019)
Sukardjo, M. dan Ukim Komarudin. 2013. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)