PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Penulis

  • I K. Rodykara Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kt. Dibia Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • N. T. Renda Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22362

Kata Kunci:

Snowball Throwing, Penilaian Kinerja, IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah experimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V semester II di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 192 orang siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan tehnik random sampling dan diperoleh Sekolah Dasar Negeri  2 Tegalinggah sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan Sekolah Dasar Negeri 1 Panji Anom sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar IPA dengan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial (uji-t sparated varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung  sebesar 3,29 dan ttabel sebesar 2,004 dengan taraf signifikansi 5% dan db = 62. Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja adalah 18,94 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja yaitu 16,31. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Saran untuk penelitian selanjutnya, untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lain dengan memperhatikan kendala-kendala yang dialami  dalam penelitian sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan dan penyempurnaan  dalam penelitian selanjutnya.

Referensi

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Husien, Latifah. 2017. Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Widiana, I Wayan. 2016. “Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Tersedia pada http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50/47 (diakses tanggal 29 Desember 2018).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Cet ke-3. Kata Pena.

Marhaeni, A. A. I. N., dkk. 2017. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Oktaviani, L. 2014. “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA”. Tersedia pada http: //download. portalgaruda.org/article.php? article=258500&val=7028&title=PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ASESMEN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF (diakses tanggal 5 Januari 2019).

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aniati, Ni Putu Eka Restiti. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa KelasV”.Tersediapadahttps: //ejurnal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSD/article/viewFile/7376/503 (diakses tangal 14 Desember 2018)

Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningsih, Sri Wida. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Sangsit Buleleng”. Tersedia pada https://ejournal .undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10984/7037 (dikases tanggal 23 Desember 2018).

Dewi, Gusti Ayu Made Taria. 2016. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Tersediapada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/viewFile/7264/4962 (diakses tanggal 07 Januari 2019).

Marhaeni, A. A. I. N., dkk. 2017. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Murdiono, Mukhamad. 2012. Staregi Pembelajaran Kewarganagaraan. Yogyakarta: Ombak.

Puspita, Mita. 2014. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V pada Gugus 7 Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014” Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php /JJPGSD/article /view/2643/2237 (diakses tanggal 25 Mei 2019).

Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Model-Model Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suardika, I Putu. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Lingkungan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile /3874/3100 (diakses tanggal 11 Mei 2019).

Sujiantari, Kadek. 2016. “Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS (Studi pada SMP Negeri 1 Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016)”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article /viewFile/7573/5171 (diakses tanggap 11 Mei 2019)

Sukardjo, M. dan Ukim Komarudin. 2013. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Diterbitkan

2019-12-05

Cara Mengutip

Rodykara, I. K., Dibia, I. K., & Renda, N. T. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Journal of Education Technology, 3(4), 260–268. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22362

Terbitan

Bagian

Articles