IMPLEMENTASI PROGRAM PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH (PDS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA CALON GURU SD DALAM PERKULIAHAN IPA BERVISI SETS BERBANTUAN APS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22555Kata Kunci:
Kreativitas, Pembelajaran IPA Bervisi SETS, Alat Peraga Sederhana (APS)Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru SD melalui pembelajaran IPA bervisi SETS berbantuan Alat Peraga Sederhana (APS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UPY kelas A7-17 sebanyak 38 orang mahasiswa. Objek penelitian ini adalah kreativitas mahasiswa selama kegiatan perkuliahan IPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas mahasiswa melalui pembelajaran bervisi SETS berbantuan alat peraga sederhana juga mangalami peningkatan dari pra siklus sebesar 54% meningkat menjadi 67% pada siklus satu dan meningkat menjadi 91% pada siklus dua dengan kategori tinggi. Sedangkan jika dari keenam indicator kreativitas mahasiswa pada pra siklus memiliki rata rata 2,23 meningkat menjadi 2,48 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 3,2 pada siklus 2. Hal tersebut menunjukkan bahwa penguasaan indicator kreativitas mahasiswa telah mencapai 80,83 % yang termasuk pada kriteria tinggi.
Referensi
Aeniah, A., Putra, N. M. D., & Nugroho, S. E. (2018). Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 32-41.
Aprilia, A. D., Iriani, R., & Nurdiniah, S. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Advanced Organizer Bervisi Sets (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Materi Koloid. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 38-46.
Asmara, A. S., & Junaedi, I. (2018). Trend Paradigma dalam Pendidikan Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 309-314.
Bahri, F. M., & Supahar, S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Tes Terintegrasi Agama Dan Sains Dalam Pembelajaran Pai Di SMA. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 233-252.
Farda, U. J. F. J., Binadja, A., & Purwanti, E. (2016). Validitas pengembangan bahan ajar IPA bervisi SETS. Journal of Primary Education, 5(1), 36-41.
Gupitasari, D. N., Sumarni, W. S., & Wardani, S. W. (2019). Pengembangan Alat Peraga Destilasi Berbahan Limbah Untuk Meningkatkan Psikomotorik Siswa. Chemistry in Education, 8(1), 71-77.
Habibati, H., Zulfadli, Z., & Amalia, R. (2016). The Development of Senior High School Students’ Worksheet Based on Chemo-Entrepreneurship (CEP) Approach on the Topic of Colloid. Proceedings of AICS-Social Sciences, 6, 314-318.
Hairida, H., & Hadi, L. (2017). Improving student’s critical thinking skills through SETS vision learning. Unnes Science Education Journal, 6(2).
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).
Hanik, A. N., Sudarmin, S., & Supardi, K. I. (2019). The Development of Cooperative Learning Model Team Assisted Individualization with SETS Vision to Increase Science Process Skills. Journal of Innovative Science Education, 8(1), 320-329.
Harnani, S., Suyatna, A., & Fadiawati, N. (2018). The Effectiveness of Global Warming Worksheet Sets Vision to Improve Students Critical Thinking Skills. International Journal of Current Innovations in Advanced Research, 1(6), 84-93.
Huda, M., & Eng, M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.
Kusmana, A. (2017). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51.
Nurdyansyah, N. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Jurnal TEKPEN, 1(2).
Nurkaenah, N., Isnaeni, W., & Subali, B. (2019). Influence of SETS Science Learning Program Towards Scientific Literacy Improvement. Journal of Primary Education, 8(1), 59-66.
Oktaviani, P., & Marwoto, P. (2019, March). Sets vision of interactive multimedia on the problem based learning in science learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1170, No. 1, p. 012040). IOP Publishing.
Pangestika, R. R., Wijayati, N., & Widodo, A. T. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Joyful Learning Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1).
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.
Rochayati, N., Masad, M., Pramunarti, A., Affandi, A., & Arif, A. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geomorfologi Melalui Metode Kolaboratif-Kontekstual Dalam Kegiatan Lesson Study. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 1(1).
Sambite, F. C., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Penerapan Project Based Learning berbasis Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan HOTS Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 141-147.
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media
Sari, S. Y., & Dewi, W. S. (2018). Kondisi Awal Perkuliahan IPA SMP/MTS Kelas IX dalam Rangka pengembangan Alat Peraga Berbasis Project Based Learning. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 194-201.
Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, Dan Kompetensi Guru) . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015
Sudirman, S., & Aditya, A. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Sederhana Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 85-91.
Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 3(1).
Wahyuni, W., Entang, M., & Herfina, H. (2019). Peningkatan Produktivitas Kerja Guru Melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah Dan Kreativitas Kerja. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 725-730.
Yassar, M. M. (2018). Kecerdasan Emosional Guru Matematika Dalam Membangun Karakter Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 41-49.
Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189-200.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)