PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Penulis

  • KMS. M Avrieldi Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
  • Suparno . Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
  • Refdinal . Program Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.23223

Kata Kunci:

Pengembangan, modul pengajaran, Mesin CNC.

Abstrak

Mengembangkan modul pengajaran Mesin CNC memiliki latar belakang untuk beberapa masalah, seperti: (1) Metode Pengajaran tidak memiliki media untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam belajar. (2) Proses Pengajaran tidak memiliki buku pelajaran yang termasuk silabus di dalamnya. (3) Siswa kurang memiliki kemampuan mengenai pelajaran Mesin CNC. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pengajaran dari Sekolah Menengah Kejuruan Mesin CNC, untuk menganalisis validitas modul pengajaran, untuk menganalisis kepraktisan modul pengajaran, untuk menganalisis efektivitas modul pengajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, termasuk (1) menganalisis, (2) desain (3) mengembangkan (4) Menerapkan (5) Mengevaluasi. Pengujian produk memiliki dua uji. Pengujian internal dan pengujian eksternal. Pengujian internal mendapatkan hasil dari skor validitas media dan pelajaran. Pengujian eksternal mendapatkan hasil dari skor kepraktisan guru dan siswa, dan skor efektivitas kelas t dari modul pengajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin, SMK Negeri 1 Padang. Hasil penelitian dan pengembangan modul pengajaran menunjukkan bahwa (1) skor hasil validitas media dan pelajaran adalah 0,71 dan 0,69, maka modul pengajaran valid. (2) hasil skor kepraktisan siswa dan guru adalah 87% dan 95%, yang menunjukkan modul pengajaran sangat praktis. (3) hasilnya sig. Skor 2-taield dari efektivitas kelas adalah 0,003, ini menunjukkan bahwa modul pengajaran efektif. (4) modul pengajaran Mesin CNC di SMKN 1 Padang valid, sangat praktis, dan efektif.

 


Referensi

Ade Kurniawan. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan dasar Kelas X TKJ. Tesis.Padang: Universitas Negeri Padang.

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Eko Risdianto. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri. Universitas Bengkulu.(https://www.researchgate.net/publication/332423142_ANALISIS_PENDIDIKAN_INDONESIA_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40/link/5dd54e41458515cd48afbaa2/download) diakses tanggal 18 Januari 2020.

Emi Rofiah dkk. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thingking Skill (HOTS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA Vol 7, No 2, 2018 (hal 285-296). (https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri) diakses tanggal 21 Januari 2019.

Endrik Nurrohman dkk.2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Budidaya Tanaman Kedelai dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa SMK Pertanian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 7 Bulan Juli Tahun 2017 Halaman: 1003-1007.(https://www.researchgate.net/publication/322285335) diakses tanggal 21 Januari 2019.

Fadhli Ranuharja. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Web Java pada Mata Kuliah Analisis Perancangan Sistem Informasi Program Studi S1 Sistem Informasi UPI YPTK Padang. Tesis. Padang: Universitas Negeri padang.

Fandy Septia Anggriawan. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Web pada Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Tesis.Padang: Universitas Negeri Padang.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryana.2017. Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal Edukasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang: Vol 2 No 1. (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/971/908) diakses tanggal 18 Januari 2020

Cara Mengutip

Avrieldi, K. M., ., S., & ., R. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Journal of Education Technology, 3(4), 329–334. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.23223

Terbitan

Bagian

Articles