PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.23223Kata Kunci:
Pengembangan, modul pengajaran, Mesin CNC.Abstrak
Mengembangkan modul pengajaran Mesin CNC memiliki latar belakang untuk beberapa masalah, seperti: (1) Metode Pengajaran tidak memiliki media untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam belajar. (2) Proses Pengajaran tidak memiliki buku pelajaran yang termasuk silabus di dalamnya. (3) Siswa kurang memiliki kemampuan mengenai pelajaran Mesin CNC. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pengajaran dari Sekolah Menengah Kejuruan Mesin CNC, untuk menganalisis validitas modul pengajaran, untuk menganalisis kepraktisan modul pengajaran, untuk menganalisis efektivitas modul pengajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, termasuk (1) menganalisis, (2) desain (3) mengembangkan (4) Menerapkan (5) Mengevaluasi. Pengujian produk memiliki dua uji. Pengujian internal dan pengujian eksternal. Pengujian internal mendapatkan hasil dari skor validitas media dan pelajaran. Pengujian eksternal mendapatkan hasil dari skor kepraktisan guru dan siswa, dan skor efektivitas kelas t dari modul pengajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Mesin, SMK Negeri 1 Padang. Hasil penelitian dan pengembangan modul pengajaran menunjukkan bahwa (1) skor hasil validitas media dan pelajaran adalah 0,71 dan 0,69, maka modul pengajaran valid. (2) hasil skor kepraktisan siswa dan guru adalah 87% dan 95%, yang menunjukkan modul pengajaran sangat praktis. (3) hasilnya sig. Skor 2-taield dari efektivitas kelas adalah 0,003, ini menunjukkan bahwa modul pengajaran efektif. (4) modul pengajaran Mesin CNC di SMKN 1 Padang valid, sangat praktis, dan efektif.
Referensi
Ade Kurniawan. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan dasar Kelas X TKJ. Tesis.Padang: Universitas Negeri Padang.
Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Eko Risdianto. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri. Universitas Bengkulu.(https://www.researchgate.net/publication/332423142_ANALISIS_PENDIDIKAN_INDONESIA_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40/link/5dd54e41458515cd48afbaa2/download) diakses tanggal 18 Januari 2020.
Emi Rofiah dkk. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thingking Skill (HOTS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP/MTs. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA Vol 7, No 2, 2018 (hal 285-296). (https://jurnal.uns.ac.id/inkuiri) diakses tanggal 21 Januari 2019.
Endrik Nurrohman dkk.2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Budidaya Tanaman Kedelai dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa SMK Pertanian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 7 Bulan Juli Tahun 2017 Halaman: 1003-1007.(https://www.researchgate.net/publication/322285335) diakses tanggal 21 Januari 2019.
Fadhli Ranuharja. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Web Java pada Mata Kuliah Analisis Perancangan Sistem Informasi Program Studi S1 Sistem Informasi UPI YPTK Padang. Tesis. Padang: Universitas Negeri padang.
Fandy Septia Anggriawan. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Web pada Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer Program Studi Pendidikan Teknik Informatika. Tesis.Padang: Universitas Negeri Padang.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suryana.2017. Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal Edukasi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang: Vol 2 No 1. (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/971/908) diakses tanggal 18 Januari 2020
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)