PENGEMBANGAN BUKU CERITA ELEKTRONIK DENGAN METODE STORY TELLING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DI SD NEGERI 4 BANYUNING
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20367Abstract
Masalah yang ditemukan di SD Negeri 4 Banyuning adalah hasil belajar Bahasa Indonesia
siswa kelas II belum memuaskan dikarenakan masih terdapat 10 dari 21 siswa yang belum
bisa mengeja kalimat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan
rancang bangun pengembangan buku cerita elektronik (2) mendeskripsikan kualitas hasil
validasi pengembangan buku cerita elektronik yang dikembangkan menurut review para
ahli dan uji coba produk, (3) mengetahui efektivitas buku cerita elektronik yang
dikembangkan. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Data yang
dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen, kuesioner dan
tes. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rancang bangun buku cerita elektronik
mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan model ADDIE meliputi 5 tahapan. (2) buku cerita
elektronik mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan valid dengan: (a) hasil
review ahli isi mata pelajaran menunjukkan buku cerita elektronik berpredikat sangat baik
(83,33%), (b) hasil review ahli buku cerita elektronik menunjukkan produk berpredikat baik
(92,5%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan buku cerita elektronik
berpredikat sangat baik (92,5%), (d) hasil uji coba perorangan (92,53%), uji coba kelompok
kecil (92,73%) dan uji coba lapangan (91,96%). (3) Efektivitas pengembangan
menunjukkan bahwa buku cerita elektronik yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil
belajar Bahasa Indonesia (thitung = 2,12 > ttabel = 2,021, pada taraf signifikansi 5%).
Kata kunci: pengembangan, buku cerita elektronik, Bahasa Indonesia, model ADDIE
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)