E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills

Authors

  • I Gede Wahyu Suwela Antara [SCOPUS ID: 57329088500] Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Suma Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559

Keywords:

Media Pembelajaran, E-Scrapbook, HOTS, IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-scrapbook bermuatan soal-soal berbasis HOTS pada muatan pelajaran IPA untuk kelas IV sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media bersumber dari 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang ahli asesmen pembelajaran, dan 2 orang ahli konten pembelajaran IPA SD. Data kepraktisan media bersumber dari 2 orang praktisi pembelajaran di sekolah dasar, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Proses analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran e-scrapbook bermuatan soal-soal berbasis HOTS pada muatan pelajaran IPA untuk kelas IV sekolah dasar dinyatakan (1) valid dengan: (a) hasil penilaian ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94,44%); (b) hasil penilaian ahli konten pembelajaran IPA SD dengan kualifikasi sangat baik (92,94%); dan (c) hasil penilaian ahli asesmen pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (97,14%). (2) praktis dengan: (a) hasil uji respon praktisi dengan kualifikasi sangat baik (97,33%); (b) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (99,18%); dan (c) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat praktis (98,32%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-scrapbook bermuatan soal-soal berbasis HOTS pada muatan pelajaran IPA untuk kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan valid dan praktis diterapkan dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa.

Author Biography

I Gede Wahyu Suwela Antara, [SCOPUS ID: 57329088500] Universitas Pendidikan Ganesha

Universitas Pendidikan Ganesha

References

Agustihana, S., & Suparno. (2018). Effectiveness of Physics Mobile Learning Media to Improve Higher Order Thinking Skills of Students in Thermodynamics. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012031.

Ahmadi, F., Rochmad, R., Lestari, F. P., & Harjunowibowo, D. (2021). The Development of Mathematics Comic Containing Pancasila Values to Develop Character of Elementary School Students: A Case Study of Indonesia. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.46843/jiecr.v2i1.20.

Andrajati, N. H., Anis, M. B., & Mahmudi, A. (2020). Development of Online Thematic Teaching Materials Based on Higher Order Thinking Skills (HOTS) Subtheme Wealth of Energy Sources in Indonesia. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(2), 152. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v2i2.3427.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Ariandari, W. P. (2015). Mengintegrasikan Higher Order Thinking dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015, 489–496.

Bancin, I. K., Mudjiran, M., & Rusdinal, R. (2019). Development of Guidance and Counseling Module on Self-Regulation of Students in Social Relations. Journal of Counseling and Educational Technology, 2(1), 6. https://doi.org/10.32698/0341.

Bashooir, K., & Supahar. (2018). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Kinerja Literasi Sains Pelajaran Fisika Berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 168–181. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.20270.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Fityana, I. N., Sarwanto, & Sugiarto. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik pada Pembelajaran IPA Berbasis Proyek untuk Siswa SMP / MTs Kelas VII. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 7(2), 23–27.

Hapsari, W., Wibawanto, H., & Sudana, I. M. (2017). Pengembangan Mobile Learning Teknik Digital bagi Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Journal of Vocational and Career Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jvce.v2i1.10979.

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310.

Johansson, E. (2020). The Assessment of Higher-order Thinking Skills in Online EFL Courses: A Quantitative Content Analysis. NJES Nordic Journal of English Studies, 19(1), 224–256. https://doi.org/10.35360/njes.519.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112.

Juniari, I. G. A. O., & Putra, M. (2021). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 140–148.

Kasdriyanto, D. Y., & Wardana, L. A. (2021). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Picture and Picture Berorientasi Wawasan Kebangsaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 271–278. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1255.

Maulida, S., Mansur, H., & Fatimah. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 1(1), 20–28.

Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392.

Nofrion, N., & Wijayanto, B. (2018). Learning Activities in Higher Order Thinking Skill (HOTS) Oriented Learning Context. Geosfera Indonesia, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.19184/geosi.v3i2.8126.

Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568.

Nurhasanah, N., & Yarmi, G. (2018). Workshop Pengembangan Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di SDN Beji 1 Depok Jawa Barat. Prossiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 523–528.

Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 76–85. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120.

Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (HOTS) pada Kelas X di SMA Negeri Kota Yogyakarta. PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika.

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.330.

Putri, N. M. C. N. M., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD, 7(2), 57–64.

Rehusisma, L. A., Indriwati, S. E., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet dan Video sebagai Penguatan Karakter Hidup Bersih dan Sehat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1238–1243. http://repository.um.ac.id/60712/.

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Pancar, 2(1), 14–18.

Rokhim, D. A., Rahayu, B. N., Alfiah, L. N., Peni, R., Wahyudi, B., Wahyudi, A., & Widarti, H. R. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik dan Guru pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar). JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61–71. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/18042.

Saputra, S., Rahmawati, T. D., & Safrudin, N. (2020). Pengembangan Puzzle Square sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2), 124–135. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2441.

Sari, D. E., Hindun, I., Mahmudati, N., Miharja, F. J., & Fauzi, A. (2020). Are Male and Female Students Different in High-Order Thinking Skills? JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 42. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17575.

Sari, L. P., Patimah, S., & Yusandika, A. D. (2019). Pengembangan Scrapbook sebagai Media Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 270–276. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4367.

Setiyani, Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a Digital Teaching Module Based on Mathematical Communication in Relation and Function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223–236. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236.

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979.

Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret Kesiapan Guru Sekolah Dasar dan Manajemen Sekolah dalam Menghadapi Asesmen Nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/39260.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta.

Sunarsih, S., Rahayuningsih, M., & Setiati, N. (2020). The Development of Biodiversity Module Using Discovery Learning Based on Local Potential of Wonosobo. Journal of Innovative Science Education, 9(1), 1–11. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/31178.

Suryaningtyas, A., Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2020). Developing Science Electronic Module Based on Problem-Based Learning and Guided Discovery Learning to Increase Critical Thinking and Problem-Solving Skills. 401(Iceri 2019), 65–70. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.013.

Syahrial, Arial, Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Persepsi, Minat dan Motivasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(1), 165–177.

Tegeh, M., Pudjawan, K., & Jampel, N. (2015). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.

Tinja, Y., Towaf, S. M., & Hariyono, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1257–1261. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9990.

Trust, T., & Pektas, E. (2018). Using the ADDIE Model and Universal Design for Learning Principles to Develop an Open Online Course for Teacher Professional Development. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 34(4), 219–233. https://doi.org/10.1080/21532974.2018.1494521.

Utami, I. K., & Abdulah, M. H. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga dalam Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 581–590.

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 147–157. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.

Widihastuti, & Suyata. (2014). Model AFL untuk Meningkatkan Pemahaman dan Higher Order Thinking Skills Mahasiswa Vokasi Bidang Busana. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 275–289.

Wusqo, I. U., Khusniati, M., Pamelasari, S. D., Laksono, A., & Wulandari, D. (2021). The Effectiveness of Digital Science Scrapbook on Students’ Science Visual Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 121–126. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.27130.

Yudiari, M. M., Parmiti, D. P., & Sudana, D. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5683.

Downloads

Published

2022-06-02

How to Cite

Antara, I. G. W. S., Suma, K., & Parmiti, D. P. . (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.47559

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>