Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • I Gusti Ngurah Putra Gunawan
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28966

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan permasalahan yaitu rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Pretest Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD sejumlah 213 orang. Sampel ditentukan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data data yang digunakan yaitu instrumen berupa tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus Product Moment. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Time Token berbantuan media audio visual dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran time token berbantuan media audio visual berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.

Author Biographies

I Gusti Ngurah Putra Gunawan

Jurusan Pendidikan Dasar

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

Ida Bagus Surya Manuaba, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Gunawan, I. G. N. P., Negara, I. G. A. O., & Manuaba, I. B. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 159–170. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28966

Issue

Section

Articles