Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran

Ni Komang Widiarti, I Komang Sudarma, I Made Tegeh

Abstract


Pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan hasil belajar siswa yang rendah merupakan permasalahan utama dalam penelitian ini. Sehingga, diperlukan adanya media pembelajaran yang mampu menunjang pembelajaran dan dapat mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan rancang bangun media video pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan untuk mengetahui validitas media video pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang sebagai ahli isi pembelajaran, 1 orang sebagai ahli desain pembelajaran, 1 orang sebagai ahli media pembelajaran, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, dan 9 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data menggunakan metode pencatatan dokumen dan kuesioner dengan menggunakan instrumen lembar pencatatan dokumen dan lembar kuesioner. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kualitas media video pembelajaran ini mendapat hasil validitas yaitu melalui hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96%), hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi baik (86,67%), hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (94%), hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (92,22%) dan hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (96,67%). Media video pembelajaran ini berada pada kualifikasi sangat baik dan baik maka layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, media ini berimplikasi terhadap minat belajar siswa serta memotivasi guru dalam mengembangkan media pembelajaran lainnya.


Keywords


Media Video Pembelajaran, HOTS, ADDIE

References


Agung, A. A. G. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/18403

Ansyari, M. F. (2018). Developing a rubric for assessing pre-service English teacher struggles with instructional planning. Cogent Education, 5(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1507175

Arif, & Yeniawati. (2018). Pengantar Desain Pembelajaran. Jambi: Pustaka Ma’Arif Press.

Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 303–314. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25840

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model | Cahyadi | Halaqa: Islamic Education Journal. HALAQA: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/2124/1528

Chiu, P.-S., Chen, H.-C., Huang, Y.-M., Liu, C.-J., Liu, M.-C., & Shen, M.-H. (2017). A video annotation learning approach to improve the effects of video learning. Innovations in Education and Teaching International, 55(4), 459–469. https://doi.org/10.1080/14703297.2016.1213653

Christ, T., Arya, P., & Chiu, M. M. (2017). Video use in teacher education: An international survey of practices. Teaching and Teacher Education, 63, 22–35. https://doi.org/10.1016/J.TATE.2016.12.005

Coles, A. (2019). Facilitating the use of video with teachers of mathematics: learning from staying with the detail. International Journal of STEM Education, 6(5). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Endriani, R., Sundaryono, A., & Elvia, R. (2018). Pengembangan media pembelajaran kimia menggunakan video untuk mengukur kemampuan berfikir kritis siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 142–146.

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1).

Fatmala, N. E., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2017). Pengembangan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13141

Febriani, Co. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior high school students Recent citations Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior. Journal of Physics: Conference Series, 12037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012037

Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A first step towards a model for teachers’ adoption of ICT pedagogy in schools. Heliyon, 4(9), 786. https://doi.org/10.1016/J.HELIYON.2018.E00786

Hajhashemi, K., Caltabiano, N., Anderson, N., & Tabibzadeh, S. A. (2018). Multiple intelligences, motivations and learning experience regarding video-assisted subjects in a rural university. International Journal of Instruction, 11(1), 167–182. https://doi.org/10.12973/IJI.2018.11112A

Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. K. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 3(2), 131–136. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/TF/article/view/1353

Haking, D. D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran Pjok Untuk Siswa Kelas V Sd Article History. JKTP, 2(4), 320–328. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index

Hapsari, A. S., & Hanif, M. (2019). Motion graphic animation videos to improve the learning outcomes of elementary school students. European Journal of Educational Research, 8(4), 1245–1255. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1245

Ichsan, I. Z., Iriani, E., & Hermawati, F. M. (2018). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Video Berbasis Kasus Pencemaran Lingkungan. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33503/ebio.v3i02.175

Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 2(3). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69

Kurniawati, T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Untuk Paud. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p030

Lange, C., & Costley, J. (2020). Improving online video lectures: learning challenges created by media. International Journal of Educational Technology in Higher Education 2020 17:1, 17(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/S41239-020-00190-6

Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 2579–4647. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/611

Listiani, W., & Sulistyorini, Y. (2021). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyusun Tes Matematika HOTS. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 99–106. https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/Laplace/article/view/467/464

Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Melinda, V. A., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) pada Kelas V SDNU Kratonkencong. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 158–164. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2383

Meyera, O. A., Omdahlb, M. K., & Guido, M. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video A media and methods experiment | Elsevier Enhanced Reader. Computers & Education, 140, 1–17. https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S0360131519301563?token=E4C055D74F9F4175C486D74DB6C108AAD28710DFBCEC071EEA5907164469AA0AFD0F400B56FCEF355B4F712EFE582AFE&originRegion=eu-west-1&originCreation=20210827082610

Mursanti, A. E., Fatirul, A. N., & Hartono. (2020). Edcomtech Pengembangan Bahan Ajar Dasar Tata Rias Wajah untuk Mahasiswa Prodi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (PVKK) Tata Rias. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 76–87.

Musthofa, U., & Murdani. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar 3D. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 18(2).

Nashrullah, N., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Adaptasi Dan Cara Berkembang Biak Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 327–332. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/7076

Nguyen, T. M. T., & Nguyen, T. huy L. (2017). Influence of explicit higher-order thinking skills instruction on students’ learning of linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113–127. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2017.10.004

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurkamilah, M., Fahmi Nugraha, M., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. 2(2), 70.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.33369/JKF.1.1.48-55

Panjaitan, D. J., & Hasanah, D. N. (2019). Musik Mozart Sebagai Pengiring Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Belajar Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.32696/JMN.V3I1.109

Pasandaran, R. F. (2018). Taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) Sebagai Assessment Autentik untuk Membangun Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam Mengidentifikasi Grafik Fungsi Trigonometri. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook Recent citations Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series, 12147. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012147

Purbayanti, H. S., Ponoharjo, P., & Oktaviani, D. N. (2020). Analisis Kebutuhan Video Pembelajaran Matematika Pada Pandemi Covid-19. JIPMat, 5(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6693

Purwanto Soeprapto, A., Kurniawan, E., Purwanto, A., Zajuli Ichsan, I., Ali, A., & Kaur Swaran Singh, C. (2020). ESBOR: Analysis Students HOTS for Develop Digital Technology in Environmental Learning. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 3896–3904. https://www.researchgate.net/publication/342277674

Rahman, A., Aryani, F., & Sinring, A. (2019). Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i2.5002

Rosnihayati, R. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Ii Sdn 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4110

Soimah, I. (2018). Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.30738/NATURAL.V5I1.2559

Suryawan, I. G. P., Suwatra, I. I. W., & Sumantri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sscs Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iii Sd Di Gugus Xiii Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 2017. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10664

Susanto, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Jakarta: Pernada Media Group.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2100

Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan video pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Al-Athfaal : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).

Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Usman, S. D., & Husnan, R. (2020). Efectivitas Penerapan Media Video Pembeajaran Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 6(2 DES), 59–65. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/eb/article/view/22013

Utaminingtyas, S. (2020). Implementasi Problem Solving Berorientasi Higher Order Thingking Skill (Hots) Pada Pembelajaran Ips Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 84–98. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/pendas/article/view/9117

Wirasasmita, R. H., & Putra, Y. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35–43. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i2.944

Yip, J., Wong, S. H., Yick, K. L., Chan, K., & Wong, K. H. (2019). Improving quality of teaching and learning in classes by using augmented reality video. Computers & Education, 128, 88–101. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2018.09.014

Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 28(1), 28–38.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376

Article Metrics

Abstract view : 404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

                 

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Berasosiasi dengan:

 

ASOSIASI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN INDONESIA


Creative Commons License

Jurnal EDUTECH Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal EDUTECH Undiksha  indexed by: