PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 2 TEGALLALANG

Authors

  • Ni Wayan Nataliani .
  • Drs. I Nyoman Jampel,M.Pd .
  • I Kadek Suartama, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3944

Abstract

Permasalahan di SMP N 2 Tegallalang adalah belum tercapainya tujuan pembelajaran IPS Terpadu secara maksimal. Sebagian besar siswa memperoleh hasil belajar yang kurang dari KKM yang ditentukan, sehingga dilakukan penelitian produk multimedia pembelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan multimedia Pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Terpadu, (2) mengetahui kualitas hasil pengembangan multimedia Pembelajaran menurut review ahli, dan uji coba yang dilakukan siswa, serta (3) mengetahui efektivitas multimedia Pembelajaran untuk mata pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ASSURE. Desain multimedia Pembelajaran diproduksi dengan merancang storyboard sebagai dasar merancang produk. Validasi media dilakukan oleh satu ahli bidang studi, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli media pembelajaran, 3 siswa uji coba perorangan, 12 siswa uji coba kelompok kecil, dan 27 siswa uji coba lapangan. Efektivitas multimedia pembelajaran dilakukan oleh 27 siswa menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Data dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen, kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t. Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran; (2) kualitas hasil pengembangan media menurut review ahli dan siswa. Hasil validasi media yang dilakukan oleh: (a) ahli isi mata pelajaran 96%; (b) ahli desain pembelajaran 97,5% yang keduanya mempunyai katagori sangat baik; (c) ahli media pembelajaran 84% pada kategori sangat baik serta (d) uji coba perorangan 96%; uji coba kelompok kecil 93,2%, dan uji coba lapangan 91,40% yang ketiganya ada pada kategori sangat baik; (3) efektivitas hasil pengembangan multimedia pembelajaran menunjukkan signifikansi yang diperoleh adalah thitung = 13,99> ttabel =2,000. Ini berarti terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran.
Kata Kunci : pengembangan, multimedia pembelajaran, IPS

Problems in SMP N 2 Tegallantang is not the achievement of learning objectives to the fullest Integrated Social Science. Most students obtain the learning outcomes that are less than the specified KKM, so do product research Integrated multimedia social studies learning. This study aims to: (1) describe the development of multimedia learning design for social studies, Integrated, (2) determine the quality of the development of multimedia learning by expert review, and pilot testing of the student, and (3) determine the effectiveness of multimedia learning to eye Integrated Social Science. This research is the development of a model using ASSURE. Learning multimedia design produced by designing a storyboard as a basis to design the product. Validation is done by an expert media field of study, the instructional design expert, an expert instructional media, 3 students individual trials, 12 trials a small group of students, and 27 students field trials. The effectiveness of multimedia learning is done by 27 students using a research design pre-test and post-test. Data collected by the method of recording documents, questionnaires and tests. Analyzed using descriptive qualitative, quantitative and inferential statistics / inductive t-test. The results of this study were (1) a description of the development of multimedia instructional design; (2) the quality of results according to a review of media development experts and students. The results of the validation performed by the media: (a) the expert subject matter content 96%; (b) 97.5% of instructional design experts who both have excellent category; (c) 84% of instructional media expert on the excellent category and (d) 96% of individual trials; small test group 93.2%, and 91.40% field trials that exist in all three categories is very good; (3) effectiveness of multimedia learning development results obtained indicate significance is tcount = 13.99> t table = 2.000. This means that there is a significant difference in student learning outcomes before and after the use of multimedia learning.
keyword : development, multimedia learning, IPS

Published

2014-08-07

How to Cite

., N. W. N., ., D. I. N. J., & ., I. K. S. S. (2014). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 2 TEGALLALANG . Jurnal Edutech Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3944

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>