PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 7 SINGARAJA.
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5891Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif IPA siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan multimedia interaktif pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja, (3) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan multimedia interaktif dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada Kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja yang berjumlah 110 orang. Data kemampuan berpikir kreatif IPA dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda (tes objektif) yang diperluas (disertai alasan). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t.Hasil dari penelitian ini : 1) Kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja pada kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning diperoleh rata-rata skor 114,5 dan berada pada katagori tinggi. Jika dikonversikan dalam grafik polygon, kurve sebaran datanya adalah juling negativ. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis deskriptif bahwa Mo < Me < M (114,5<118,1<125). 2)Kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Singaraja pada kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model konvensional diperoleh rata-rata skor 54,6 dan berada pada katagori rendah. Jika dikonversikan dalam grafik polygon, kurve sebaran datanya adalah juling positif . Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis deskriptif bahwa Mo < Me < M (54,6 < 73 < 74,60). 3)Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kreatif siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan model Contextual Teaching and Learning dan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional di SMP Negeri 7 Singaraja (thit> ttab, thit = 16,248 dan ttab = 1,980). Hal ini berarti model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Multimedia Interaktif, Kemampuan Berpikir kreatif
This study aimed to (1) describe the creative thinking ability of science from the students which are studying with applying conventional study to the stundents in grade VIII SMP Negri 7 Singaraja (2) describe the creative thinking ability of science from the students which are studying with applying Contextual Teaching and Learning helping with interactive multimedia to the students in grade VIII SMP Negeri 7 Singaraja (3) the significant differences of creative thinking ability of science between the students who are learning with Contextual Teaching and Learning helping with interactive multimedia and students who are learning with convensional to the students in grade VIII SMP Negeri 7 Singaraja. This research is kuasi experiment. The subject of this research are all of the students in grade VIII SMP Negeri 7 Singaraja, the number are 110 students. The data of the creative thinking ability of science are collected with objective test. The data which are having when the research analyze by descriptive statistics analyze technique and inferensial statistics that is t-experiment. The result of this research said if there are significant differences the ability of science between the students which are learning trough Contextual Teaching and Learning model with learning trough conventional to the students in grade VIII SMP Negeri 7 Singaraja in year 2014/2015. This proved with the result of analyze t-experiment that is t-count>t-table with the significance of the count 5%( α=0,05) with dk=54 that is t-count= 2,536>t-table=2,021. Contextual Teaching and Learning means assisted interactive effect on increasing the ability of the creative thinking of students in the subjects of science in grade VIII SMP Negeri 7 Singaraja.
keyword : Contextual Teaching and Learning, interactive multimedia , creative thinking ability of science
Published
2015-08-06
How to Cite
., M. A. P. D. ., ., D. D. P. P., & ., D. K. P. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 7 SINGARAJA . Jurnal Edutech Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5891
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)