Studi Evaluasi Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.32773Keywords:
Pembelajaran online, Evaluasi, pendidikan dasarAbstract
Banyaknya kendala dalam pelaksanaan pembelajaran online, yaitu kurangnya tenaga pengajar, siswa yang terampil dalam mengoperasikan perangkat kurangnya sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran online, jaringan internet, dan banyak orang tua yang mengeluhkan kuota internet yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran online di SD. Subjek penelitian terdiri dari 31 guru dan 5 kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui angket sebagai instrumen utama, wawancara, dan dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis merupakan hasil pengisian angket kemudian menghitung skor rata-rata dan mengubahnya menjadi kategori skala lima, kemudian mengubah skor mentah menjadi Z-Score. Z-Score kemudian diubah menjadi T-Score dan kemudian diverifikasi ke dalam kuadran prototipe Glickman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel konteks menghasilkan F (+) lebih besar dari F (-) yang berarti efektif, arahnya positif, variabel input menghasilkan F (+) lebih besar dari F (-) yang berarti arah efektif adalah positif , variabel proses menghasilkan F (+) sama seperti F (-) yang berarti arah efektif yang positif, variabel produk menghasilkan F (+) lebih besar dari F (-) yang berarti bahwa arahnya positif. Setelah diverifikasi pada kuadran Glickman, pelaksanaan pembelajaran online berada pada kuadran I yang artinya sangat efektif. Simpulan penelitian ini ialah bahwa pelaksanaan pembelajaran online berjalan sangat efektif.
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2020.V10.I3.P282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Ardiyanti, N. M. D., Mahayukti, G. A., Sugiarta, & M, I. (2020). Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika secara Daring di SMAN Kota Singaraja Oleh. Ika, 18(2), 136–157.
Ayunda, W. A., Nurhadryani, Y., & Wijaya, S. (2020). Evaluasi Guideline dan E-Learning Digital Literacy Menggunakan Model Cipp. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 41(1), 99. Https://Doi.Org/10.14203/J.Baca.V41i1.505. DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v41i1.505
Bulhayat, B. (2019). Evaluasi Model Cipp pada Implementasi KTSP Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Jombang. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 14(01), 85–102. Https://Doi.Org/10.37680/Adabiya.V14i01.105. DOI: https://doi.org/10.37680/adabiya.v14i01.105
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas Whatsapp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.445. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Firiyani, Y., Irfan, F., & Sari, Z. S. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring selama Pandemik Covid-19 Yani. Kependidikan, 6(2), 165–175. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Ghina, F. (2021). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Pelajaran Grampose (di Pondok Pesantren Babun Najah). Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 307–321. Https://Ejournal.Stkipbbm.Ac.Id/Index.Php/Gm/Article/View/687.
Irwandi, I., & Lusilawati, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31539/Bioedusains.V4i2.2519. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2519
Koyan, I. W. (2012). Konstruksi Tes. Undiksha Press.
Kum, T. A. (2018). Model Evaluasi Reaction Level dari Kickpatrick Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Angkatan II Provinsi Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 7(1), 63. Https://Doi.Org/10.31314/Pjia.7.1.63-69.2018. DOI: https://doi.org/10.31314/pjia.7.1.63-69.2018
Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334–338. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jptpp.V6i3.14579. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579
Latifah, A., & Prastowo, A. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Model Website dan M-Learning Melalui Youtube pada Mata Pelajaran Pai Kelas 2 SD/MI. Jurnal Limas Pgmi, 1(1). Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Limaspgmi/Article/View/7304. DOI: https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v1i01.7304
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi Cipp dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i2.200. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200
Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan. Scholaria, 5(2), 1–14. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Ilmiah Penjas, 3(1), 1–16.
Ngadju, Y. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Numbered-Head-Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 249. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.4.3.249-254.2018. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.249-254.2018
Prono, H., & Soenarto, S. (2014). Evaluasi Program SMK Kelas Jauh di Pondok Pesantren Darul Qur’an Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 16–27. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V4i1.2532. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2532
Putri, A. N., Pd, M. E., & Pd, M. E. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan Ekonomi. 3(4), 627–634. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i4.10618
Riyanda, A. R., Herlina, K., Wicaksono, B. A., & Lampung, B. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Model Evaluasi Cipp: Ikra-Ith Humaniora, 4(1), 66–71.
Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning In The Middle Of The Covid-19 Pandemic ). 6(1), 214–224. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Samsudin, A. (2018). Pembiasaan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik Melalui Program Shalat Duha (Studi Di SMK Husnul Khotimah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya). Atthulab: Islamic Religion Teaching And Learning Journal, 3(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15575/Ath.V3i2.4212. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4212
Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Qur, Vi(2), 20–35.
Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsap dan Youtube. Jurnal Educatio, 7(2), 520–526. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i2.1121.
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.582. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–34. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33449/Jpmr.V5i2.11410.
Yudiawan, A. (2020). Belajar Bersama Covid 19: Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Papua Barat. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 10–16. Https://Doi.Org/10.32489/Alfikr.V6i1.64. DOI: https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.64