Kecerdasan Emosional dan Supervisi Kepala Sekolah Berpengaruh Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Kadek Ayu Karmini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40189

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Supervisi Kepala Sekolah, Disiplin

Abstract

Upaya peningkatan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh tingkat kedisiplinan dan profesionalitas guru dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya di sekolah. Upaya untuk meningkatkan kualitas guru masih belum maksimal terwujud, hal ini dilihat dari banyaknya guru yang masih melakukan pelanggaran disiplin kerja yang bisa ditemui di media elektronik, media cetak maupun di lapangan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru. Penelitian ini menggunakan rancangan ex post facto dengan studi pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru yang berjumlah 70 orang. Sampel pada penelitian menggunakan teknik sampling total yaitu semua anggota populasi menjadi sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non tes, yaitu angket. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka, (1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap disiplin kerja guru berdasarkan Fhitung = 26,798 > Ftabel = 3,98 dengan kontribusi sebesar 10,45%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru berdasarkan Fhitung = 30,836 > Ftabel = 3,98  dengan kontribusinya sebesar 21,75%, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru berdasarkan 15,910 > dan 3,13 dengan kontribusinya sebesar 32,20%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru dengan kontribusi sebesar 32,20%, maka terdapat faktor lain yang mempengaruhi disiplin kerja guru selain kecerdasan emosional dan supervisi kepala sekolah. Implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti lain.

Author Biographies

Ni Kadek Ayu Karmini, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

PGSD

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

PGSD

References

Aitama, Y. B., & Rustika, I. M. (2016). Peran Pola Asuh Autoritatif Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Disiplin Diri Siswa Kelas XI IPA SMS Santo Yoseph Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 156–164. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i01.p15. DOI: https://doi.org/10.24843/JPU.2016.v03.i01.p15

Ambarkati, T., & Nurjannah. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kedisiplinan Pada Tata Tertib Siswa Smp Negeri 3 Kalasan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2), 15–28. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-02. DOI: https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-02

Anggritasari, D. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Kedisplinan Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 6(4).

Astuti, R., & Dacholfany, M. I. (2016). Pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smp Di Kota Metro Lampung. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 1(2), 204–217. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v2i2.60

Cahyana, I. G. S., & Jati, I. K. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. E-Jurnal Akuntansi, 2017(1), 1314–1342. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/24774.

Dalawi, Zakso, A., & Radiana, U. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Diarini, I. G. A. A. S., & Antari, N. L. S. (2016). Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Iklim Kerja Organisasi Terhadap Profesionalisme Guru SMK PGRI 1 Bandung. 11(2), 159–167.

Faiqoh, D. (2019). Supervisi Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 7(1), 98–110. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.1938. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.1938

Fitriyani. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. El-Ghiroh, 15(2).

Herman, & Delia, E. (2019). Hubungan Budaya Organisasi Dengan Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Bogor. Soshum Insentif, 2(2). https://doi.org/10.36787/jsi.v2i2.133. DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v2i2.133

Ismail, M. I. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. In Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1). https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Jamin, H., Djailani, & Bahrun. (2015). Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada Min Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 49–58.

Jaya, T. P., & Suharso, S. (2018). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 30–35. https://doi.org/10.15294/ijgc.v7i3.19535.

Kurniawan, P. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tangerang Merdeka. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(3), 277. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v3i3.4863. DOI: https://doi.org/10.32493/JJSDM.v3i3.4863

Larasati, A. D., Wiyono, B. B., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pengawas Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru Dalam Pembelajaran Di Paud. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 239–248. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p239. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p239

Musri. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kedisiplinan Guru Dan Karyawan di SMP Negeri 8 Padang. Jurnal Ilmiah Ekotrans Dan Erudisi, 1(1), 1–13. https://doi.org/doi.org/10.36057/jiee.v1i1.87.

Oemar, F., & Fani, F. D. O. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Akuntansi Kompetif, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v1i1.251. DOI: https://doi.org/10.35446/akuntansikompetif.v1i1.251

Rahardian, Z. R., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Disiplin Kerja Pada Guru Smp Negeri 6 Dan 8 Di Kabupaten Pemalang. Empati, 7(1), 345–351. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2018.20247

Rahmasari, L. (2012). Pengaruh Kecerdasan Intelektual , Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 3(1), 1–20.

Rochimah, Rugaiyah, & Ahmad, M. (2018). Supervisi Kepala Sekolah Dan Konsep Diri Dalam Disiplin Kerja Guru PNS Di SMP Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 234–251. https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.18539. DOI: https://doi.org/10.17509/jap.v25i2.18539

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 69–79. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/937/875.

Salam, N. F. S., Rifai, A. M., & Ali, H. (2021). Faktor Penerapan Disiplin Kerja: Kesadaran Diri, Motivasi, Lingkungan (Suatu Kajian Studi Literatur Managemen Pendidikan dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 487–508. DOI: https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.503

Sari, I. H. (2020). Pengaruh Supervisi dan Beban Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Bappeda Litbang Kabupaten OKU Selatan. Jurnal Ekonomika, 13(2), 53–69.

Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2980

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 41. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p41-54

Suarniti, Natajaya, & Agung. (2020). Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrastrasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 159–168. https://www.researchgate.net/profile/Silmi-Amrullah-2/publication/352678331_Efektivitas_Evaluasi_Diri_Program_Studi_Studi_Kasus_Analisis_Swot_dan_Perencanaan_Strategis/links/60d2c71992851c34e07cecb4/Efektivitas-Evaluasi-Diri-Program-Studi-Studi-Kasus-Anal.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 384–399. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.485

Turmidzi, I. (2021). Implementasi Supervisi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Tarbawi, 4(1), 33–49. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi.

Utari, K. (2015). Pengaruh kepemimpinan dan pengawasan melekat terhadap disiplin kerja pegawai di dinas pertambangan dan energi kabupaten kutai timur. Pemerintahan Integratif, 3(1), 31–45.

Yenni, H. F., Djudin, T., & Syukri, M. (2016). Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah Serta Hubungannya dengan Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17158. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17158

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Karmini, N. K. A., & Suniasih, N. W. (2022). Kecerdasan Emosional dan Supervisi Kepala Sekolah Berpengaruh Terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 181–194. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40189

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)