Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Komang Yulia Dewii Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44982

Keywords:

Problem Based Instruction, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan

Abstract

Kurang aktif dan cepat bosan saat pembelajaran serta siswa cenderung menghafal dan sulit memahami konsep pembelajaran yang terkait dengan muatan materi IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD yang berjumlah 181 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik classter random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode tes. Instrumen penelitian dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis dengan analisis kuantitatif. Rata-rata gain skor ternormalisasi kelompok eksperimen yaitu sebesar 0,649 dan rata-rata gain skor ternormalisasi kelompok kontrol sebesar 0.186. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t polled variance. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t hitung sama dengan 17,204 lebih dari ttabel sama dengan 2,000, maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual terahadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD.

Author Biographies

Ni Komang Yulia Dewii, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Dasar

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Apriana, W. ., Mahadewi, P. P. ., & Jampel, I. . (2014). Pengaruh Model Pembelajaran PBSI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Desa Tejakula. E-Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 1(2).

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2020). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Febri, D., & Suryanti. (2018). Pengaruh Model PBI Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SDN Wage II Taman Sidoarjo. JPGSD, 11(6).

Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697–705. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795

Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Kurniasari, F. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Penugasan Aktivitas Di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(1), 9–26. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i1.44.

Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 2 Tuntang - Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p41-53

Puspita, P. M., Wirya, N., & Antara, A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Tk Catur Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7809.

Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis Whatsapp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188 – 197. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708

Septriningsih, A. S. ., Bektiarso, S., & T, P. (2010). Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran IPA, 3(6).

Setiawan, I. M. D., & Arnawa, I. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Asesmen Projek Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 3(4), 269. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22363. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22363

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1 – 10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Windasari, S. ., & Harlinda, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. DOI: https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11241

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Dewii, N. K. Y., Negara, I. G. A. O., & Suniasih, N. W. (2023). Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 87–94. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44982

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)