Media Pembelajaran Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40207Keywords:
Pengembangan Media, Kartu Bergambar, Kecerdasan InterpersonalAbstract
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran yang tidak berdiri sendiri tetapi saling berhubungan dengan komponen lainnya dalam rangka menciptakan situasi belajar yang diharapkan serta dikemas semenarik mungkin agar peserta didik tertarik dengan materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran kartu bergambar untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu: tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan media. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil validasi ahli materi masuk ke dalam kategori baik dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4,37. Hasil validasi ahli media masuk ke dalam kategori sangat baik dengan jumlah rata-rata keseluruhan 3,75. Hal ini artinya media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak usia dini.
References
Acesta, A. (2019). Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Interpersonal Serta Pengembangannya. Media Sahabat Cendekia.
Amelia, L., & Marsella, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anak Melalui Metode Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Jari Pada Anak Tk B2 Di Paud Save The Kids Banda Aceh. Buah Hati Journal, 5(2), 2.
Amini, T. Y. S. J. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. Grasindo.
Amstrong, T. (2003). Setiap Anak Cerdas Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intellingeces. PT Gramedia Pustaka Utama.
Balkis, R. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 8(2), 1–8. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v8i3.25070
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa:Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dewi, Cahya, N., & Aslan, A. (2015). Psikologi Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Medinah: Jurnal Studi Islam, 2(1).
Hasdi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Educatii, 11(1), 90-1–5.
Hoerr, R, T. (2007). Buku Kerja Multiple Intelligences. PT Mizan Pustaka.
Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Stundents Teams Achievement Divisons (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/USEJ.V3I2.3344.
Jannah, M., & Hasmawati. (2017). Penggunaan Media Kartu Bergambar dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1). DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2985
Juniarti, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Media Celemek Pintar. Jurnal Audi, 3(1), 27. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2071. DOI: https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2071
Laely, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 300–319.
Mandasari, Y. D., Subandowo, M., & Gunawan, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Konfigurasi Elektron Elektronik Otomatis Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi Covid-19. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 309–318. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p309. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p309
Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(2). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978. DOI: https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978
Mardati, A., & Wangid, M. N. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make a Match Untuk Kelas I SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120–132. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532
Muniroh, S. M. (2013). Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian, 6(1), 16. https://doi.org/10.28918/jupe.v6i1.218.
Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurna Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1472.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pratita, D. (2014). Penggunaan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi di SMP. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 25(2), 86–94. DOI: https://doi.org/10.21009/parameter.252.04
Priyanti, N. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran (Penelitiantindakan Pada Kelompok A Paud Madinah). Jurnal Cakrawala PAUD, 1(1). DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.345
Puspita, P. M., Wirya, N., & Antara, P. A. (2016). Penerpana Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu gambar untuk meningkatkan Kemampuan Berbicara Di TK Catur Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7809.
Rachmawati, S. (2013). Penerapan Media Kartu Gambar Binatang untuk Meningkatkan Kemampuan Gerakan Dasar Menari Pada Anak Kelompok A di TK Puspita Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. PAID Teratai, 2(1).
Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 74. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10
Sianturi, Y. R. U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 276–284. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430. DOI: https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1430
Siregar, M. M. (2015). Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa Kelas VII Smp Negeri 5 Depok Sleman Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3).
Sujiono, Nurani, Yuliani, & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks.
Sulisrudatin, N. (2014). Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 5(2), 57–70. https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109. DOI: https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109
Suparno, P. (2004). Teori Intelegensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Kanisius.
Syifauzakia, M. P., Ariyanto, B., & Aslina, Y. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Literasi Nusantara.
Utami, A. D. (2012). Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI-Vol, 7(2).
Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple intelligences (P. D. Rakyat (ed.)).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.