Panduan Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Anak

Authors

  • Ni Made Nopi Sumiatiari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Rahayu Ujianti Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.32427

Keywords:

Guided discovery learning, keterampilan proses sains

Abstract

Stimulasi keterampilan proses sains penting untuk meningkatkan kemampuan analisis masalah pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keterterimaan (acceptability) buku panduan pembelajaran guided discovery learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains anak kelompok B. Buku panduan ini merupakan instrumen bagi guru TK dalam meningkatkan keterampilan proses sains anak. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengikuti model pengembangan 4D yang terbatas hanya pada pengujian validasi isi. Lima orang pakar dan praktisi dilibatkan untuk menilai kelayakan buku panduan. Instrumen yang digunakan untuk penilaian terdiri dari 26 item yang mengacu pada keterterimaan buku panduan. Analisis hasil penelitian menggunakan formulasi perhitungan content validity rasio. Hasil analisis menunjukan validasi ahli buku panduan model pembelajaran guided discovery learning memiliki indeks validitas isi (CVI) sebesar 0,95 yang berarti sangat baik atau istimewa. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku panduan pembelajaran guided discovery learning yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria keterterimaan untuk digunakan sebagai instrumen dalam melaksanakan pembelajaran guided discovery learning.

References

Adiatmah, V. A. K., Iswari, R. S., & Peniati, E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Stad Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Discovery Materi Animalia terhadap Hasil Belajar. Journal Of Biology Education, 4(3), 269–274. Https://Doi.Org/10.15294/Jbe.V4i3.9552.

Annisa, N., & Simbolon, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Gaya di Kelas IV SD Negeri 101776 Sampali. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(2), 217–229. Https://Doi.Org/10.24114/Sejpgsd.V8i2.10199. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.10199

Astra, I. M., & Wahidah, R. S. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Guided Discovery Learning Kelas XI Mipa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 181–190. Https://Doi.Org/10.21009/1.03209. DOI: https://doi.org/10.21009/1.03209

Batubara, I. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Pengembangan Silabus Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: Jppp, 1(2), 13. Https://Doi.Org/10.30596/Jppp.V1i2.4948. DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i2.4948

Charles, F. (2013). Discovering The Worlds Of Life Sciences , Objects and Material Ii Nursery Schools : Teaching Practices and Training Proposals. Athens Journal Of Education, 1(3), 223–236. DOI: https://doi.org/10.30958/aje.1-3-3

Destrini, H., Nirwana, N., & Sakti, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 13–21. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.1.1.13-21. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.13-21

Dewi, K., Dantes, N., & Arnyana, I. B. (2019). Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Abiansemal Kabupaten Badung. Pendasi:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1). DOI: https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i1.2678

Fransiska, L., Subagia, I. W., & Sarini, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Sukasada. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (Jppsi), 1(2), 68. Https://Doi.Org/10.23887/Jppsi.V1i2.17214. DOI: https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17214

Lestari, W. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 64–74. Https://Doi.Org/10.30998/Sap.V2i1.1724. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1724

Muhammad, G. M., & Karso, K. (2018). Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 108. Https://Doi.Org/10.24036/Jep/Vol2-Iss2/213. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/213

Muliani, N. ., Gading, I. K., & Mahadewi, L. P. . (2017). Pengaruh Metode Discovery terhadap Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Taman Kanak-Kanak. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 5(3), 263–272.

Mulyanto, Masykuri, M., & Sarwanto. (2017). Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP / MTs Kelas VII dengan Model Discovery Learning Tema Air Limbah Industri Batik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inkuiri, 6(2), 57–66.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., Sakura, H., & Arga, P. (2021). Penggunaan Metode Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Intrinsik Dongeng di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 627–635. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.761

Nuryani, C. E., & Saraswati, A. M. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berdasarkan Model Pembelajaran Guided Discovery. Aksioma : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 97. Https://Doi.Org/10.26877/Aks.V9i1.2516. DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2516

Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2005). Pengaruh Metode Pembelajaran Guided Discovery terhadap Kemampuan Sains Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Sidoarjo Galuh Asgani Putri Nurul Khotimah Abstrak.

Rahmadani, Y., Tayeb, T., & Baharuddin, B. (2018). Modul Matematika Berbasis Model Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Lp.2018v21n1i3. DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i3

Sholeha, V. (2019). Efektivitas Metode Guided Discovery pada Pembelajaran Sains terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 78–83. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26680

Sit, M., Lestari, P., & Budianti, Y. (2020). Improving the Understanding of Science Concept through Guided Discovery Learning Model in Azzahra Preschool Kindergarten. Unnes Science Education Journal, 9(3), 128–136.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana University.

Tiana, L. N. (2017). Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inkuiri, 2(1).

Ulfa, K., Buchori, A., & Murtianto, Y. H. (2017). Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Must: Journal Of Mathematics Education, Science And Technology, 2(2), 267. Https://Doi.Org/10.30651/Must.V2i2.888. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v2i2.888

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Sumiatiari, N. M. N., Gading, I. K., & Ujianti, P. R. . (2021). Panduan Pembelajaran Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Anak. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.32427

Issue

Section

Articles