Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Anak Usia Dini (AUD)
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33134Keywords:
Big Book, Pemahaman SeksualAbstract
Belum adanya perhatian dari orang tua ataupun sekolah terhadap pentingnya memberikan pemahaman seksual sejak dini bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media big book pemahaman seksual yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada anak usia dini (AUD). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan media. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi masuk ke dalam kategori layak dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4. Hasil validasi ahli media masuk ke dalam kategori layak dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4,02. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pemahaman seksual pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Implikasi penelitian ini adalah anak memahami mengenai seksual sejak dini, sehingga anak dapat mengetahui batasan-batasan sentuhan dari orang lain serta waspada terhadap perilaku jahat dari orang di sekitar anak.
References
Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467–475. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Paud.V9i3.40594. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594
Ayu, D. P., Iriyanto, T., & Twinsari, R. D. (2020). Media Big Book Portable Berbasis Audio-Visual dalam Pembelajaran Tematik pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–27. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um053v3i1p18-27.
Devi, N. Made I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V3i3.28331. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331
Elan, E., Muiz L, D. A., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 66–75. Https://Doi.Org/10.17509/Jpa.V1i1.7168. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i1.197. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Halimatus, H., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Pengenalan Life Science pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 395. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i1.318. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.318
Handayani, M. (2017). Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak. Jurnal Ilmiah Visi Pgtk Paud Dan Dikmas, 12(1), 67–80. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Jiv.1201.7. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1201.7
Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 4(2), 212–242. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V4i2.73. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73
Justicia, R. (2016). Program Underwear Rules untuk Mencegah Kekerasan Seksual ada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 217–232. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.092.02.
Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. Https://Doi.Org/10.14421/Al-Athfal.2020.61-06. DOI: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06
Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(4), 38–47. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Jppm.V3i1.5594. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594
Maranatha, J. R., Indriati, D., & Putri, H. (2022). Empati Anak Usia Dini : Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak- Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1881. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i2.370. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa Nurhafizah. Jurnal Pendidkan: Early Childhood, 2(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Oktaviana, N. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jppm (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 32–40. Https://Doi.Org/10.21831/Jppm.V6i1.23371. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23371
Pamela, I. S., Hayati, S., & Insani, R. S. (2019). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 245–263. Https://Doi.Org/10.22437/Gentala.V4i2.8456. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8456
Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49–60. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21093/Twt.V8i1.3208.
Sajawandi, L., & Rosalina, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku ”Membaca Itu Mengasyikkan” di TK Plus Al Burhan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Tematik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 62. Https://Doi.Org/10.26858/Tematik.V6i2.15088. DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15088
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2019.V9.I1.P19-28. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i1.160. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 2(2), 67. Https://Doi.Org/10.36722/Jaudhi.V2i2.582. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582
Tatminingsih, S. (2022). Model Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1057–1069. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1698. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1698
Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1779. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779