Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Anak Usia Dini (AUD)

Authors

  • Silmi Imaning Pribadi PGPAUD Undiksha
  • I Made Suarjana PGSD Undiksha
  • Putu Rahayu Ujianti PGPAUD Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33134

Keywords:

Big Book, Pemahaman Seksual

Abstract

Belum adanya perhatian dari orang tua ataupun sekolah terhadap pentingnya memberikan pemahaman seksual sejak dini bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media big book pemahaman seksual yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada anak usia dini (AUD). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE meliputi 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan media. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi masuk ke dalam kategori layak dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4. Hasil validasi ahli media masuk ke dalam kategori layak dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4,02. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pemahaman seksual pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Implikasi penelitian ini adalah anak memahami mengenai seksual sejak dini, sehingga anak dapat mengetahui batasan-batasan sentuhan dari orang lain serta waspada terhadap perilaku jahat dari orang di sekitar anak.

References

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467–475. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Paud.V9i3.40594. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594

Ayu, D. P., Iriyanto, T., & Twinsari, R. D. (2020). Media Big Book Portable Berbasis Audio-Visual dalam Pembelajaran Tematik pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–27. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um053v3i1p18-27.

Devi, N. Made I. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V3i3.28331. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331

Elan, E., Muiz L, D. A., & Feranis, F. (2017). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 66–75. Https://Doi.Org/10.17509/Jpa.V1i1.7168. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7168

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i1.197. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Halimatus, H., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Media Grafis untuk Pengenalan Life Science pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 395. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i1.318. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.318

Handayani, M. (2017). Pencegahan Kasus Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Komunikasi Antarpribadi Orang Tua dan Anak. Jurnal Ilmiah Visi Pgtk Paud Dan Dikmas, 12(1), 67–80. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Jiv.1201.7. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1201.7

Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 4(2), 212–242. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V4i2.73. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73

Justicia, R. (2016). Program Underwear Rules untuk Mencegah Kekerasan Seksual ada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 217–232. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.092.02.

Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. Https://Doi.Org/10.14421/Al-Athfal.2020.61-06. DOI: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.61-06

Kiromi, I. H., & Fauziah, P. Y. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(4), 38–47. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Jppm.V3i1.5594. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i1.5594

Maranatha, J. R., Indriati, D., & Putri, H. (2022). Empati Anak Usia Dini : Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak- Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1881. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881

Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V4i2.370. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370

Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa Nurhafizah. Jurnal Pendidkan: Early Childhood, 2(2), 1–10. DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288

Oktaviana, N. F., & Wuryandani, W. (2019). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jppm (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 32–40. Https://Doi.Org/10.21831/Jppm.V6i1.23371. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23371

Pamela, I. S., Hayati, S., & Insani, R. S. (2019). Penggunaan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 245–263. Https://Doi.Org/10.22437/Gentala.V4i2.8456. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8456

Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49–60. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21093/Twt.V8i1.3208.

Sajawandi, L., & Rosalina, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Buku ”Membaca Itu Mengasyikkan” di TK Plus Al Burhan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Tematik: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 62. Https://Doi.Org/10.26858/Tematik.V6i2.15088. DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15088

Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. Https://Doi.Org/10.24246/J.Js.2019.V9.I1.P19-28. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V3i1.160. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 2(2), 67. Https://Doi.Org/10.36722/Jaudhi.V2i2.582. DOI: https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.582

Tatminingsih, S. (2022). Model Pengembangan Big Book untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1057–1069. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1698. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1698

Yansyah, Y., Hamidah, J., & Ariani, L. (2021). Pengembangan Big Book Storytelling Dwibahasa untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1449–1460. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i3.1779. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1779

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Pribadi, S. I., Suarjana, I. M., & Ujianti, P. R. (2021). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Anak Usia Dini (AUD). Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 44–51. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33134

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)