HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKn

I Wayan Ade Wiryawan, I Nyoman Murda, Gede Wira Bayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah ex post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus I kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 118 siswa, kemudian dengan rumus Yamane sampel berjumlah 91 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dengan instrumen kuisioner dan metode dokumentasi untuk mengukur prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan. Karena rhitung > rtabel, maka Ha diterima Ho ditolak dan terbukti kebenarannya. Dengan demikian terdapat korelasi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan. Sedangkan  hubungan antara variabel kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn tergolong sedang, dan besarnya hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan yaitu sejumlah 18% dan 82% ditentukan oleh faktor di luar penelitian.

 

Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar, PKn

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djaali, H. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Leo , Chintia. 2014. Hubungan Motivasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma ‘X’ Di Jakarta Barat . Jurnal NOETIC Psychology ISSN : 2088-0359 Volume 4 Nomor 1, Januari-Juni 2014

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.

Prasetyo ,Arif. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret untuk memperkuat multikulturalisme di Indonesia . Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2, Oktober 2017

Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). "Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap Di Kecamatan Melaya-Jembrana". e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 2, Nomor 1.

Riduwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Setiawati ,Linda. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Smk Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika . Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 3, November 2015

Sainudin. 2015. Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Belajar Kelompok Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kayuku Rahmat . Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 12 ISSN 2354-614X

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukmawati, N, P, F. (2013). Hubungan Efikasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas V SDN Kelurahan Kaliuntu Singaraja, 1-12

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Yuzarion. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik . Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2017: 107-117




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.