Fenomena Learning Loss pada Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Ni Luh Pegy Teristonia Penulis
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Wira Bayu Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57469

Keywords:

Learning loss, sekolah dasar, covid-19.

Abstract

Pembelajaran yang tidak didukung oleh fasilitas dan dilaksanakan dengan baik akan berdampak terhadap keterlambatan proses pembelajaran yang kita kenal dengan istilah learning loss. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena learning loss pada siswa sekolah dasar pasca pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 382.257 siswa yang tersebar di 2.426 sekolah di seluruh Bali. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel akhir yaitu sebanyak 1.108 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Analisis data dalam penelitian dilakukan secara interaktif dengan 3 teknik yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 3 permasalahan yang dialami siswa yaitu permasalahan pada prestasi belajar dan intelektual siswa, psikologi dan psikososial, serta kensenjangan pada akses belajar anak. Penelitian ini diharapkan mampu mengatasi fenomena learning loss pada siswa sekolah dasar sehingga dapat meningkatkan penyelenggaraan pendidikan di seluruh Indonesia.

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803.

Andel, S. A., de Vreede, T., Spector, P. E., Padmanabhan, B., Singh, V. K., & Vreede, G. J. de. (2020). Do social features help in video-centric online learning platforms? A social presence perspective. Computers in Human Behavior, 113(April), 106505. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106505.

Argiyanti, A., Rochintaniawati, D., & Anggraeni, S. (2022). Ketertarikan Peserta Didik SMA terhadap Penggunaan Platform Instagram Sebagai Platform Penyampaian Materi Pembelajaran Biologi Pasca Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5595–5606. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3311.

Arrozi, F. (2021). Perilaku Organisasi dan Efektivitas Kepemimpinan Kyai di Pondok Pesantren dalam Mengantisipasi learning loss di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68–75. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167.

Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young Children’s Online Learning During COVID-19 Pandemic: Chinese Parents’ Beliefs and Attitudes. Children and Youth Services Review, 118. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada.

Fatmawati. (2021). Hubungan Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pra Pandemi Dan Selama Pandemi Covid-19: Potensi Learning Loss. Biopedagogia, 3(2), 96–113. https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v3i2.2332.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus/a.

Hanafiah, Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642.

Haris, A., Sentaya, I. M., & Sulindra, I. G. M. (2022). Keterampilan Guru Abad 21 Dalam Mengurangi Learning Loss Pada Peserta Didik (Kajian Fenomenalogis Di Sma Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 2656–5862. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2756.

Hartinah, S., Muslihati, & Triyono. (2021). Problematika Psikososial dan Kognitif Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah dan Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(10), 1567–1580. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/15055.

Hidayat, S., Apriliya, S., & Fauziyaturrosyidah, A. (2021). Metode Gamification Sebagai Solusi Fenomena Learning Loss dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: A Literatur Review. Journal of Elementary Education, 4(5). https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/8815/2729.

Hussein, E., Daoud, S., Alrabaiah, H., & Badawi, R. (2020). Exploring undergraduate students’ attitudes towards emergency online learning during COVID-19: A case from the UAE. Children and Youth Services Review, 119(August), 105699. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105699.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Juwita, A., Sari, K. W., Jayanti, S. A., Dari, W., & Widayati, S. (2022). Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Untuk Menghindari Learning Loss Di Desa Aji Kagungan Kecamatan Abung Kunang Kotabumi Lampung Utara. Jurnal Griya Cendikia, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i1.191.

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104.

Kkese, E. (2020). McGurk effect and audiovisual speech perception in students with learning disabilities exposed to online teaching during the COVID-19 pandemic. Medical Hypotheses, 144(July), 110233. https://doi.org/10.1016/j.mehy.2020.110233.

Lage-Cala, S., Folgueras-Díaza, M. B., Alonso-Hidalgoa, M., García-Menéndezb, D., & Fernández-Garcíab, F. J. (2020). Investigation of the effectiveness of online learning tools for energy performance certificates preparation. Energy Reports, 6, 609–614. https://doi.org/10.1016/j.egyr.2019.09.034.

Liu, Q., Huang, J., & Zhou, Z. (2020). Self-expansion via smartphone and smartphone addiction tendency among adolescents: A moderated mediation model. Children and Youth Services Review, 119(June), 105590. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105590.

Mahsun, M., Ibad, T. N., & Nurissurur, A. (2021). Model Belajar Synchronous dan Ansynchronous Dalam Menghadapi Learning Loss. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(1), 123. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i1.1274.

Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open, August, 100012. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Muzdalifa, E. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 187–192.

Ningsih, W., Asmidaryani, & Emirawati. (2022). Tantangan Dan Kesulitan Guru, Orang Tua Dan Siswa Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal Pandemi Covid-19. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.53398/jm.v5i1.116.

Pratama, N. A., & Hidayat, D. (2020). Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Memaknai Social Distancing. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.51977/jdigital.v2i1.270.

Pratiwi. (2021). Dinamika Learning loss : Guru dan Orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1). https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1847.

Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010.

Rahma, F. N., Wulandari, F., & Husna, D. U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2470–2477. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.864.

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75–86. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75.

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377.

Rejeki, N. (2022). Analisis Learning Loss dan Strategi Recovery Pasca Pembelajaran Jarak Jauh. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indoensia, 2(3), 407–422. https://doi.org/10.14421/njpi.2022.v2i3-2.

Rhamdan, D., Kule, A., & Al Wahid, S. M. (2021). Analisis Pemanfaatan e-Learning di Masa Pandemi (Studi Kepustakaan: Learning Loss pada Peserta Didik). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 432–446. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.263.

Rusli, R., Rahman, A., & Abdullah, H. (2020). Student perception data on online learning using heutagogy approach in the Faculty of Mathematics and Natural Sciences of Universitas Negeri Makassar, Indonesia. Data in Brief, 29, 105152. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105152.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 2019(4), 4–9. https://doi.org/10.7759/cureus.7541.

Samaha, M., & Hawi, N. S. (2016). Computers in Human Behavior Relationships among smartphone addiction , stress , academic performance , and satisfaction with life. Computers in Human Behavior, 57, 321–325. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.045.

Sumakul, Y., & Ch Ruata, S. N. (2020). Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Psychology" Humanlight", 1(1), 1–7.

Utami, I. T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2), 13–23.

Yanti, N. P. E. D., Nugraha, I. M. A. D. P., Wisnawa, G. A., Agustina, N. P. D., & Diantari, N. P. A. (2020). Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Covid-19 dan Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4). https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.491-504.

Downloads

Published

2023-01-21

How to Cite

Teristonia, N. L. P., Widiana, I. W. ., & Bayu, G. W. . (2023). Fenomena Learning Loss pada Siswa Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 477–487. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.57469