Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar PKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18076Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah ex post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus I kecamatan Pupuan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 118 siswa, kemudian dengan rumus Yamane sampel berjumlah 91 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dengan instrumen kuisioner dan metode dokumentasi untuk mengukur prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan. Karena rhitung > rtabel, maka Ha diterima Ho ditolak dan terbukti kebenarannya. Dengan demikian terdapat korelasi antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan. Sedangkan hubungan antara variabel kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn tergolong sedang, dan besarnya hubungan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar PKn kelas V SD Gugus I Kecamatan Pupuan yaitu sejumlah 18% dan 82% ditentukan oleh faktor di luar penelitian.
Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar, PKn
References
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djaali, H. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Leo , Chintia. 2014. Hubungan Motivasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma ‘X’ Di Jakarta Barat . Jurnal NOETIC Psychology ISSN : 2088-0359 Volume 4 Nomor 1, Januari-Juni 2014
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.
Prasetyo ,Arif. 2017. Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret untuk memperkuat multikulturalisme di Indonesia . Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2, Oktober 2017
Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). "Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap Di Kecamatan Melaya-Jembrana". e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 2, Nomor 1.
Riduwan & Sunarto. 2013. Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Setiawati ,Linda. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa Smk Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika . Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 5, Nomor 3, November 2015
Sainudin. 2015. Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Belajar Kelompok Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kayuku Rahmat . Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 12 ISSN 2354-614X
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukmawati, N, P, F. (2013). Hubungan Efikasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas V SDN Kelurahan Kaliuntu Singaraja, 1-12
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Yuzarion. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik . Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2017: 107-117
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)