Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Delina Rosa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60119

Keywords:

media, pembelajaran interaktif, keterampilan membaca permulaan

Abstract

Banyak peserta didik yang kurang dalam keterampilan membaca permulaan, seperti mengenal huruf. Proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga belajar peserta didik rendah. Hal ini dilihat dari kesulitannya peserta didik menyusun huruf menjadi sebuah kata. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 5 guru dan 9 peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data diperoleh dari hasil skor validasi ahli materi dan ahli media 4,73 kategori sangat valid. Skor rata-rata hasil dari penilaian guru dan peserta didik diperoleh 4,76 termasuk kategori sangat praktis. Sedangkan rata-rata nilai pretest adalah 61,16 dan rata-rata postest adalah 90,66. Maka media pembelajaran interaktif yang dikembangkan efektif untuk digunakan. Implikasi media interaktif ini adalah meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca permulaan sehingga dapat memudahkan guru dalam mengoptimalkan pemahaman peserta didik pada saat proses pembelajaran.

Published

2023-12-29

How to Cite

Rosa, D., Suastra, I. W. ., & Sariyasa. (2023). Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60119

Most read articles by the same author(s)