Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60119Keywords:
media, pembelajaran interaktif, keterampilan membaca permulaanAbstract
Banyak peserta didik yang kurang dalam keterampilan membaca permulaan, seperti mengenal huruf. Proses pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga belajar peserta didik rendah. Hal ini dilihat dari kesulitannya peserta didik menyusun huruf menjadi sebuah kata. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan yang valid, praktis dan efektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli materi, 2 ahli media, 5 guru dan 9 peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data diperoleh dari hasil skor validasi ahli materi dan ahli media 4,73 kategori sangat valid. Skor rata-rata hasil dari penilaian guru dan peserta didik diperoleh 4,76 termasuk kategori sangat praktis. Sedangkan rata-rata nilai pretest adalah 61,16 dan rata-rata postest adalah 90,66. Maka media pembelajaran interaktif yang dikembangkan efektif untuk digunakan. Implikasi media interaktif ini adalah meningkatkan keterampilan peserta didik dalam membaca permulaan sehingga dapat memudahkan guru dalam mengoptimalkan pemahaman peserta didik pada saat proses pembelajaran.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Delina R Rosa, I Wayan Suastra Suastra, Sariyasa Sariyasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)