Buku Cerita Bergambar Kearifan Lokal Arja Untuk Menananamkan Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Berkebhinekaan Global

Authors

  • Aniek Ferdiantini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60694

Keywords:

Buku cerita bergambar, kearifan lokal, berkebhinekaan global

Abstract

Dimensi profil pelajar pancasila belum berkembang dengan maksimal, khususnya dimensi berkebhinekaan global. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan buku cerita bergambar kearifan lokal arja untuk menanamkan dimensi berkebinekaan global pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pengembangan model 4D (Define, Design, Develope, dan Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang dipilih melalui teknik random sampling.  Data validitas diukur dengan melibatkan 6 orang ahli. Data kepraktisan diukur berdasarkan 3 respon guru dan 10 siswa. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan non tes. Teknik analisis data dengan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Data efektivitas produk diukur dengan menggunakan uji T-test. Hasil uji validasi terletak pada rentangan 0.6–1.00 dengan kategori sangat baik, dan uji kepraktisan berada pada rentang 4.50-5.00 dengan kategori sangat praktis serta uji efektivitas berada pada pada rentangan ES>0.8 dengan kategori efektivitas tinggi Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa buku cerita bergambar yang dikembangkan telah layak, praktis, dan efektif untuk menanamkan dimensi berkebhinekaan global pada profil pelajar Pancasila.

Published

2023-12-29

How to Cite

Ferdiantini, A., Sudiana, I. N., & Sariyasa. (2023). Buku Cerita Bergambar Kearifan Lokal Arja Untuk Menananamkan Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Berkebhinekaan Global. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.60694

Most read articles by the same author(s)