Media Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa

Authors

  • Ni Komang Tri Handayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61599

Keywords:

Articulate Storyline, Kearifan Lokal, Tri Hita Karana, Hasil Belajar

Abstract

Ketersediaan media inovatif yang kurang dan rendahnya inovasi dalam pembelajaran sekolah menyebabkan guru mengandalkan buku paket sebagai sumber utama, berdampak pada hasil belajar PPKn siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media interaktif yang telah diuji dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian yakni dua dosen ahli, dua ahli praktisi, serta dua kelompok siswa sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam uji efektivitas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan rumus Gregory modifikasi untuk mengukur keterterimaan media. Skor yang diperoleh keempat ahli adalah 1,00 dan respon siswa sebesar 4,8, yang menunjukkan tingkat keterterimaan yang sangat tinggi. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa skor rata-rata posttest kelompok kontrol adalah 78,23, sedangkan skor rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 85,87. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 4,630, yang nilainya lebih besar daripada nilai t tabel. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana berbantuan Articulate Storyline dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V Sekolah Dasar.

Published

2023-12-29

How to Cite

Handayani, N. K. T., Gading, I. K., & Widiana, I. W. (2023). Media Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.61599

Most read articles by the same author(s)