Pengembangan Modul Pemrograman Web Berbasis Konstruktivisme di Akademi Komunitas Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21842Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah jobsheet yang terdapat di Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan belum dapat membantu mahasiswa memahami materi lebih dalam dan belum mampu mengkonstruksi pengetahuan mahasiswa dalam Mata kuliah Pemrograman Web. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis konstruktivisme sehingga mahasiswa dapat memahami materi mata kuliah dan untuk menentukan efektifitas dari modul berbasis konstruktivisme yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D), dengan model pengembangan 4D. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh ahli, dosen, dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan keefektifan modul pembelajaran berbasis konstruktivisme.
Kata kunci: Research and Development, Modul Pembelajaran, Konstruktivisme, Efektifitas
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arywiantari, Dadek, A. A. Gede Agung, I Dewa Kade Tastra. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan Vol: 3 No: 1 Hal. 1-12. Tersedia Pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/viewFile/5611/4093.
Azwar. Saifuddin. 2014. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional 2008.
Ellizar. 2008. Pembelajaran Konstruktivis Menggunakan Modul. Disertasi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Padang.
Finch Curtis R and Crunkilton, John R. 1979. Curriculum Development in vocational and technical Education. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Firman, Astria, Hans F. Wowor, Xaverius Najoan. 2016. Sistem Informasi Perpustakaan Online Berbasis Web. E-journal Teknik Elektro dan Komputer Vol.5 No.2 Hal. 29-36. Tersedia Pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/11657.
Gay, L.R. 2009. Educational Research Competences for Analysis and Applications. Ohio: Merril Pearson.
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Keraf.2001. Ilmu pengetahuan. Jakarta: Kanisius.
Lavarino, Dio, Wiyli Yustanti. 2016. Rancang Bangun E – Voting Berbasis Website di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Manajemen Informatika. Vol. 6 No. 1 Hal. 72-81. Tersedia Pada: https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/.
Muslim, M.A. 2012. Pengembangan Sistem Informasi Jurusan Berbasis Web untuk Meningkatkan Pelayanan dan Akses Informasi. Jurnal MIPA Vl. 35 No. 1 Hal. 91-98. Tersedia Pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JM/article/view/2101/2214.
Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Newman, B.M & Newman. P. R. 2006. Development Through life: A Psychosocial Approach. Nint Edition. Thomsom- Wadsworth.
Palit, Randi V. Yaulie D.Y. Rindengan, Arie S.M. Lumenta.. 2015. Rancangan Sistem Informasi Keuangan Gereja Berbasis Web Di Jemaat GMIM Bukit Moria Malalayang. E-Journal Teknik Elektro dan Komputer vol. 4 no. 7 Hal. 1-17. Tersedia Pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/viewFile/10458/10044.
Riduwan dan Sunarto. 2012. Pengantar Satistika untuk Penelitian : Pendidikan, Sosial,komunikasi, Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sarkim, T. 2005. Scientific Literancy Sebuah Konsep dalam Reformasi Pendidikan Sains.Yogyakarta: Univeritas Sanata Dharma.
Sartono. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Motor Listrik 3 Fasa dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PRPD Siswa SMK YPT Pringsewu. Tesis. Universitas Negeri Padang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)