Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin

Authors

  • Siti Khabibatur Rohmah Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15740

Keywords:

Bermain Plastisin, Kemampuan Motorik Halus

Abstract

Masih kurang maskinalnya perkembangan motorik halus pada anak usia 4-5 tahun.  Penelitian ini bertujuan menganalisis bermain plastisin terhadap kemampuan motorik halus pada siswa TK kelompok A. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 18 orang anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek yang ditangani dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak kelompok A. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dengan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dalam bentuk rubrik penskoran. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan motorik halus melalui bermain plastisin. Pada siklus I capaian kemampuan motorik halus sebesar 57.62%, sehingga menunjukkan pada kategori rendah kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81.56 % pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa melalui bermain plastisin, kemampuan motorik halus anak kelompok A Taman Kanak-Kanak dapa meningkat.

References

Agustina, S., Nasirun, M., & D, D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33

Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). http://103.20.188.221/index.php/assibyan/article/view/1334.

Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE), 1(1), 1. https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581. DOI: https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581

Feminin, K., & Pusari, R. W. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus pada AUD Melalui Kegiatan Bermain Konstruksi Plastisin Bentuk Huruf Kelompok B RA Taqwal Ilah Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1173. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v5i1.1173

J, H., Ramon, A., Putrawan, R., Padila, P., & Andri, J. (2021). Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin dengan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1). https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2375.

Kartini, K., & Sujarwo, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Plastisin Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 199. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2689

Maghfuroh, L. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 3(1), 55. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2488. DOI: https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2488

Mardiah, R., Hanita, H., & Farny Sutriany Jafar. (2017). Meningkatkan Kemampuan Meniru Bentuk Melalui Strategi Pembelajaran Gradasi dengan Media Plastisin pada Kelompok B di TK Tunas Bangsa Kerta Buana Tenggarong Seberang Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Warna: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 32–44. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/warna/article/view/181. DOI: https://doi.org/10.24903/jw.v1i2.181

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care & Education JECCE, 2(1), 14–20. https://core.ac.uk/download/pdf/267886308.pdf. DOI: https://doi.org/10.26555/jecce.v2i1.564

Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12

Pangestika, R. A., & Setiyorini, E. (2015). Pengaruh Bermain Plastisin terhadap Perkembangan Motorik Halus pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 2(2), 169–175. https://doi.org/10.26699/jnk.v2i2.art.p169-175. DOI: https://doi.org/10.26699/jnk.v2i2.ART.p169-175

Pasmawati, H., & Anggita, S. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan Plastisin untuk Menangani Anak Hiperaktif di Paud Islam Intan Insani Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 78–87. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.133-142.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140. DOI: https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.590.

Sari, R. P., Haenilah, E. Y., & Sofia, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Bermain Plastisin Terhadap Peningkatan. Jurnal Pendidikan Anak, 1(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/9426.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukaryasih, K. D., Ganing, N. N., & Putra, M. (2016). Penerapan Model Pakem Berbantuan Alat Permainan Edukatif Plastisin untuk Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i1.7311.

Suriati, S., Kuraedah, S., Erdiyanti, E., & Anhusadar, L. O. (2019). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299

Watulingas, H. F., & Wantah, M. E. (2021). Permainan Plastisin untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelas B TK Cahaya Kasih Modayag. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). http://dx.doi.org/10.33474/thufuli.v3i1.10867. DOI: https://doi.org/10.33474/thufuli.v3i1.10867

Downloads

Published

2021-06-28

How to Cite

Rohmah, S. K., & Gading, I. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Plastisin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 144–149. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.15740

Issue

Section

Articles