Mind Set dan Sikap Ilmiah dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59273Keywords:
Kemampuan Literasi Sains, Pola Pikir, Sikap IlmiahAbstract
Sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan berfikir menggunakan penalaran, belum memiliki kebiasaan membaca sambil berpikir dan bekerja untuk memahami informasi esensial atau strategis dalam menyelesaikan soal atau permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola pikir (mind set) dan sikap ilmiah terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian adalah jenis Expose facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 428 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 171 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji korelasi product moment, dan uji F Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat kontribusi negatif pola pikir tetap terhadap kemampuan literasi sains siswa yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar -0,820, hal ini dapat diartikan bahwa pola pikir tetap berbanding terbalik terhadap kemampuan literasi sains siswa. Secara simultan, terdapat kontribusi pola pikir berkembang dan sikap ilmiah terhadap kemampuan literasi sains siswa, dengan hasil F hitung sama dengan 389,396 dengan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat kontribusi pola pikir dan sikap ilmiah terhadap kemampuan literasi sains siswa. Implikasi penelitian ini dharapkan guru dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa hendaknya juga mempertimbangkan factor internal yang dimiliki oleh siswa berupa pola pikir dan sikap ilmiah.
References
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Amalia, R. N., Pasani, C. F., Yulinda, R., Ipa, P., & Keguruan, F. (2021). Pengembangan Modul Sistem Peredaran Darah Berbasis Literasi Sains dan Bermuatan Karakter Kreatif. Journal of Mathematics, Science, and Computer Education (JMSCEdu), 1(4), 44–53. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3371. DOI: https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3371
Anida, A., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Armadani, P., Sari, P. K., Aldi, A. F., & Setiawan, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Junjung Sirih Putri. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 341–347. https://doi.org/10.5281/zenodo.7527654.
Carol S.Dweck, P. . (2021). Mindset Mengubah Pola Pikir untuk Perubahan Besar Dalam Hidup Anda (Cetakan X). Penerbit BACA.
Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307
Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Fortuna, R. A., & Fitria, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Akibat Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2054–2061. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1034. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1034
Handayani, I. D. A. T., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa SMA yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1), 1. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1566.
Helendra, & Sar, D. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains Tentang Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34270. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.29860
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738–748. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2045. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2045
Khomariah, N., Zawawi, I., & Suryanti, S. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik smp ditinjau dari pola pikir matematis. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 381–391. https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13632.
Kurnia Putri, D., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Kusumastuti, R. P., Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. (2019). Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 254–261. https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35624.
Lynch, M. P., & Corbett, A. C. (2023). Entrepreneurial mindset shift and the role of cycles of learning. Journal of Small Business Management, 61(1), 80–101. https://doi.org/10.1080/00472778.2021.1924381. DOI: https://doi.org/10.1080/00472778.2021.1924381
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153–164. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6361. DOI: https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6361
Marlina, M., Efrina, E., & Kusumastuti, G. (2019). Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. 382(Icet), 678–681. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.164. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/r2zyf
Noviani, Y., Hartono, & Rusilowati, A. (2017). Analisis Pola Pikir Siswa dalam MenyelesaikanSoal Sains Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatifserta Literasi Sains. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 128–136. https://doi.org/10.15294/JISE.V6I2.14127.
Nurfaidah, S. S. (2017). Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran IPA. Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5585. DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i1.5585
Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.98
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612.
Purwanto, A., Putri, Desy, H., & Hamdani, D. (2021). Penerapan Project Based Learning Model untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.25-34
Raharjo, T. (2020). Efektivitas pendampingan implementasi kurikulum 2013 untuk meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran. Indonesian Journal of Educational Development, 1(1), 93 – 103. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760717.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., Syarah, S., Ibrahim, I., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan Literasi Sains Dan Identitas Budaya Siswa Melalui Pendekatan Etno-Pedagogi Dalam Pembelajaran Sains. Edusains, 12(1), 54–63. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12428. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12428
Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750
Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1), 797–830. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1973. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1973
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dan Sikap Ilmiah Pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, E. (2021). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654–664. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Nyoman Adi Saputra, I Ketut Gading, Siti Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.