Dampak Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59276Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar IPA, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa juga sering ditemui pada kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah. Hal ini akan mempengaruhi hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan design yang digunakan yaitu pretest-post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 110 orang siswa, sampel penelitian sejumlah 39 orang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling terpilih 20 orang siswa kelas 5 dan 19 orang siswa kelas 5. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis menggunakan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadukan dengan multimedia digital lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan tersebut, dengan nilai Fhit sebesar 5,047 dan nilai signifikansi kurang 0,01. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing dipadukan dengan multimedia digital secara simultan mampu meningkatkan hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Implikasi penelitian ini diharapkan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang telah terbukti secara empiris dan berkontribusi positif dalam peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis.
References
Adiputra, D. K. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VI di SD Negeri Cipete 2 Kecamatan Curug Kota Serang. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 1(1), 22–35. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/71.
Agustin, Lady, Haryanto, Z., & Efwinda, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 1(01), 56–64. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.80. DOI: https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.80
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Annisa, L., Oktaviana, C., & Habibi, A. A. (2020). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik. Edubiologica Jurnal Penelitian Ilmu Dan Pendidikan Biologi, 8(1), 35. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i1.2337. DOI: https://doi.org/10.25134/edubiologica.v8i1.2337
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas Iv Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331
Candiasa, I. M. (2010). Statistik Multivariate Disertai aplikasi SPSS. Universirtas Pendidikan Ganesha.
Dwi, A. F., Inelda, Y., & Fitriah, K. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Programme For International Student Assessment (PISA) 2015 Di Bidang Kimia.
Ellerton, P. (2022). On critical thinking and content knowledge: A critique of the assumptions of cognitive load theory. Thinking Skills and Creativity, 43, 100975. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100975. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100975
Fahmia, H., Karjiyati, V., & Dalifa, D. (2018). Pengaruh Model Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa SD Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 237–244. https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.237-244. DOI: https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.237-244
Farokah, E., & Winarso, W. (2021). Mathematical Communication and Social Skills of The Students through Pair Check Type Cooperative Learning Models. Sukma: Jurnal Pendidikan, 5(2), 133–150. https://doi.org/10.32533/%25x. DOI: https://doi.org/10.32533/05201.2021
Fitriani, W., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040
Haryanti, Y. D., & Saputra, D. S. (2019). Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1350
Hendriani, M., & Gusteti, M. U. (2019). Validitas LKPD Elektronik Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai Karakter Percaya Diri untuk Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika SD Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(4), 2430–2439. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1243
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 221–225. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.262
Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.74. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.67
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064 – 1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Jupriyanto, J. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111
Kartika, N. M. D., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17
Kristanto, Y., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 22(2), 197–208. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7750.
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Mudita, I. K. A., Putra, D. K. N. S., & Sujana, I. W. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penguasaan Kompetensi Inti Pengetahuan IPS Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 36–46. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17408. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17408
Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Development Of Student Worksheet Based On Higher Order Thinking Skill (Hots ). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/IJSME.V2I2.4342. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342
Nurhayati, D. A. W., Putranto, A., Marwa, D. M., & Purwowidodo, A. (2020). Effect of Thinking Skill-Based Inquiry Learning Method on Learning Outcomes of Social Studies: A Quasi-Experimental Study on Grade VIII Students of MTSN 6 Tulungagung. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012073. DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012073
Pertiwi, M., Yuliati, L., & Qohar, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Inkuiri Terbimbing dipadu Carousel Feedback pada Materi Sifat-sifat Cahaya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 22(2009), 21–28. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10355.
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Soeprijanto. (2019). Developing critical and creative thinking skills through STEAM integration in chemistry learning Developing critical and creative thinking skills through STEAM integration in chemistry learning. International Converence of Chemistry (ICCHEM). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012033. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012033
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Sari, D. P. (2018). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Pedagogi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 131–134.
Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195–205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614
Sodayang, A. N., & Lumingkewas, S. (2021). Pengaruh Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Dan Sistem Koloid. Journal Of Chemistry Education, 3(2), 63–66. https://doi.org/10.37033/ojce.v3i2.278.
Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Edutecno : Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan, 18(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/u8nvd
Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445
Syahlani, A., & Setyorini, D. (2021). Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Siswa (Tes Pilihan ganda). Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 6(3), 34. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1523. DOI: https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1523
Syahrial, S., Asrial, A., Kurniawan, D. A., Nugroho, P., Septiasari, R., Pratama, R. A., & Perdana, R. (2019). Increased Behavior of Students’ Attitudes to Cultural Values Using the Inquiry Learning Model Assisted by Ethnoconstructivism. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(2), 166–175. https://doi.org/10.26858/est.v5i2.9670. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v5i2.9670
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx
Unaenah, E., & Muawiyah, I. (2019). Perbandingan Model Problem Based Learning dan Model Inquiry Terhadap Hasil Belajar IPA SD. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2), 10–18. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5209. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5209
Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2020). The Development Of Electrolysis Cell Teaching Material Based On Stem-Pjbl Approach Assisted By Learning Video: A Need Analysis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 309–318. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.25199.
Yulianci, S., Gunawan, G., & Doyan, A. (2017). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 146–154. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.365. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.365
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Made Budhi Mulyanti, I Ketut Gading, Diki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.