Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Berbasis Pendekatan PMRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29733Abstract
Prangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru sering tidak cocok maupun belum tepat sasaran dalam suatu penerapannya. Mengingat hal tersebut dirasa perlu untuk mengembangkan perangkat pembelajran berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk dapat diterapkan dalam melaksanakan proses pembelajaran di SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran PMRI pada mata pelajaran matematika meteri pengolahan data siswa kels V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D dengan tahapan yaitu: Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, penyebarluasan. Instrument yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas perangkat pembelajaran adalah rating scale berupa lembar penilaian ahli. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kegiatan uji coba menghasilkan data berupa angka yang dihitung nilai rata-rata kemudian dikonversikan dengan tabel PAP skala lima. Hasil penelitian ini adalah 1) perangkat pembelajaran PMRI mata pelajaran matematika pada materi pengolahan data meliputi RPP dan LKPD, 2) produk ini sudah divalidasi oleh ahli matematika, ahli asesmen pembelajaran dan dua orang guru kelas V dari SD yang berbeda. Nilai dari empat orang ahli perangkat RPP mendapatkan skor 4,33 dan perangkat LKPD skor 4,32, sehingga dikategorikan sangat baik. Implikasi dari penelitian ini adalah perangakat pembelajaran matematika materi pengolahan data berbasis pendekatan PMRI yang teruji validitas isinya dan siap untuk digunakan.
References
Amir, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 11(3). https://doi.org/https://doi.org/10.35580/jspf.v11i3.1756
Anggraini, Yenny Anwar, K. M. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E Materi Sistem Sirkulasi Pada Manusia Untuk Kelas XI SMA. Jurnal Pembelajaran Biologi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36706/fpbio.v3i1.4956
Anisa, W. . (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematika Melalui pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v1i1.147
Arikunto, S. (1984). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bina Aksara.
Binjai, S. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salapian Kabupaten Langkat Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, (Online), 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37755/sjip.v5i1.154
Borg, W.R. & Gall, M. . (2003). Educational Research : an Introduction. Longman.
Chodijah, S., Fauzi, A., & Ratnawulan, R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiryyang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1234/jppf.v1i1.603
Dewi, W. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Hands On Mathematics Berbantuan Lkpd Yang Terintegrasi Pada Simbol-Simbol Keislaman Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Gustina, H. T, Syahrilfuddin, dan E. N. (2019). Pengaruh Pendekatan Pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) Terhadap hasil Belajar matematika Siswa kelas III SD Negeri 144 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Arah, 2(1), 31–32. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.31258%2Fjta.v2i1.30-39
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 30–41.
Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1804
Japa, I. G. N. (2014). Pengaruh pembelajaran kuantum berorientasi pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika terhadap penalaran mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v20i1.4373
Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah Atas Fungsi Wawancara Dan Kuesioner Dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 45–54. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a4
Minarti, I. B., Susilowati, S. M. E., & Indriyanti, D. R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Bervisi Sets Berbasis Edutainment pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education, 1(2).
Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan blog sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2028
Oftiana, Siti., A. A. S. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 296. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a10
Rahayu, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3). https://doi.org/https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23506
Rahmawati, dyah & P. (2015). Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) pada kemampuan Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Segiempat di MTS Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(1).
Rajabi, M. (2015). Pengaruh Perangkat Pembelajaran Instalasi System Operasi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan, 3, 49.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pendidikan. Prenadamedia Group.
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, (Online), 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Siregar, E. A., Daulay, F. S., Lubis, S., Mintaito, P., & Yulianita, R. (2019). Merancang RPP Tematik SD/MI Sesuai Kurikulum 2013.
Suarjana, I. M. & K. S. (2016). Pendidikan Matematika I.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunantri, A., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1).
Suriyanti, L. S. (2013). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Penelitian Matematika, 1(1), 99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jppm.v1i1.2956
Susanti, E., & Syam, S. S. (2017). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Indonesia. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November 2017, 1–6.
Susetya, B. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik di SD N Gambiran Yogyakarta Tahun 2016. Jurnal Taman Cendekia, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30738/tc.v1i2.1944
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).
Tuerah, M. (2017). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Bahasan Garis Dan Sudut. Jurnal Matematika, 5(2), 167.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Ilmiah pendidikan profesi guru is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.