Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD

Penulis

  • Ni Putu Aprilia Krismony Universitas Pendidikan Ganesha
  • Desak Putu Parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Abstrak

Motivasi menjadi bagian penting dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran IPA. Namun pada kenyataanya alat untuk mengukur motivasi siswa keberadaanya masih sangat kurang. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian motivasi belajar pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE dengan tahapan menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan mengevaluasi. Subjek dari penelitian ini yaitu instrumen penilaian motivasi belajar. Instrumen penilaian motivasi belajar IPA diuji oleh pakar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis, instrumen penilaian motivasi belajar IPA yang dikembangkan ini memiliki nilai validitas yang sangat baik, yaitu 0,85. Sedangkan derajat reliabilitasnya tinggi, yaitu 0,80. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian motivasi belajar IPA yang telah dikembangkan teruji valid dan reliabel, sehingga layak digunakan untuk mengukur motivasi belajar IPA. Implikasi penelitian ini adalah melalui instrumen motivasi yang dikembangkan ini, guru dapat menerapkannya dalam mengukur tingkat motivasi belajar siswa untuk dijadikan patokan dalam pengambilan tindakan selanjutnya.

Biografi Penulis

Ni Putu Aprilia Krismony, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Desak Putu Parmiti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Referensi

Abi Hamad, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37–46.

Arissaryadin, A., & Arimbawaa, P. (2020). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Efikasi Diri Petani. Prosiding Seminar Nasional Agribisnis, 149–154.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 134–140.

Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 455–461.

Ernata, Y. (2017). Analisis motivasi belajar peserta didik melalui pemberian reward dan punishment d isdn ngaringan 05 kec. Gandusari kab. Blitar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781–790.

Hidayat, H., Hartono, H., & Sukiman, S. (2017). Pengembangan Learning Management System (LMS) untuk Bahasa Pemrograman PHP. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research Information Technology, 5(1), 20–29.

Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 107–113.

Junia, U. C. H. A., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Mimbar (Domino Bergambar) Materi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, dan Agama di Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 353–362.

Koca, F. (2016). Motivation to learn and Teacher-Student Relationship. Journal of International Education and Leadership, 6(2), 1–20.

Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34–45.

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101–109.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

Pasaribu, A. (2016). Pengembangan Instrumen Autentik Assesmen Berupa Penilaian Proyek dengan Produk Mind Mapping pada Materi Gaya dan Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(2). 1–5.

Permana, R. H. (2019). Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. https://news.detik.com/berita/d-4808456/survei-kualitas-pendidikan-pisa-2018-ri-sepuluh-besar-dari-bawah

PGSD, K. K. D. I. (2018). Pendidikan IPA. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Pratiwi, U., & Fasha, E. F. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 123-142.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran berbasis proyek membuat ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk meningkatkan academic skull pada mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 231–238.

Suarno, D. T., & Sukirno, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Dengan Tema Pemanfaatan Dan Pelestarian Sungai Untuk Siswa Kelas VII SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 115–125.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika:Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13–21.

Sugeng, H. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Depok. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274

Sunadi, L. (2013). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3).

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–78.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pranamedia Group.

Talitha Fendya, W., & Chendra Wibawa, S. E. T. Y. A. (2018). Pengembangan Sistem Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada LPK CYBER COMPUTER. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 3(01), 45–53.

Tanjung, M. R., & Parsika, T. F. (2015). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan dan Pembelajaran Origami dengan Pendekatan ADDIE. In Seminar Nasional Informatika, 1(1), 128–133.

Ulfah, K. R., Santoso, A., & Utaya. (2016). Hubungan motivasi dengan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1607–1611.

Uno, B. H. (2010). Teori Motivasi & Pengukurannya. PT Bumi Aksara.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Sisa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Assesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 147–157.

Yuniarto, E. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Likhitaprajna, 19(2), 1–8.

Diterbitkan

2020-10-24

Cara Mengutip

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249–257. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama