Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10125Keywords:
Metode Pembelajaran, Jigsaw, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan jigsaw dalam pembelajaran IPA kelas IV SD No. 1 Sobangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas IV SD No. 1 Sobangan tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 17 orang. Data mengenai prestasi belajar mencakup data tentang hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Data hasil belajar IPA dikumpulkan melalui tes berbentuk esay. Data-data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD No. 1 Sobangan. Hal ini dapat dilihat terjadi peningkatan rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I adalah 13,04% dengan kriteria cukup aktif meningkat menjadi 63,82% dengan kriteria aktif pada siklus II. Hasil belajar IPA yaitu dari rata-rata skor hasil belajar IPA 43,47% dengan kriteria kurang baik pada refleksi awal menjadi 65,21% dengan kriteria cukup baik pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 100% dngan kriteria sangat baik pada siklus II. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 50,78%References
Agung, A.A Gede. 2010. Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Arends, R. I. 1997. Classroom Instruction and Management. Mc. Graw Hill Companies. United States of America.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Catharina T. dkk. 2004.Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES
Dimyati dan Mudjono, 2006.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hisyam Zaini.2007. Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.
Ibrahim, Muslimin, dkk. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Irawatiardi, 2014 Langkah-Langkah Pembelajaran Kooperatif. http://Hasil Belajar .co.id. diakses pada tanggal 17 Desember 2014
Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:Alfabeta.
Kagan, S. 1992 Cooperative Learning. San Juan Capistrano : Kagan Cooperative Learning.
Martinis Yamin. (2013). Strategi & Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Mazjun. (2009) Tujuan model pembelajaran, Kooperativehttp://www.mazjun.student. fkip.uns.ac.id/2009/10/16/modelpembelajarank ooperatif diakses tanggal 28 Januari 2011. Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nur, Muhammad. 1999. Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Purwanto, Ngalin. 1989. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Karya
Reynolds, J.M., 1997. An Introduction to Applied and Environmental Geophysics. New York:John Willey and Sons.
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indek.
Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Badung: Remaja Rosdakraya
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Biru.
Surakhmad, Winarno. 1997.Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode dan Teknik.Bandung :Tarsito.
Susilofi.(2010). Model Pembelajaran Kooperatif.http://www.Susilofi.wordpress.com/20 10/09/28/model-pembelajarankooperatif. diakses tanggal 01 -Februari 2011
Tirtaraharja, S. L La Sulo. 2005. Suluh Pendidikan. Tabanan: IKIP Saraswati
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)