PENERAPAN KEPALA BERNOMOR BERBASIS AKTIVITAS MENGOMUNIKASIKAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS IIIA SEMESTER I SD LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA

Jatien Nandang, i wayan widiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Berbasis Aktivitas Mengomunikasikan pada siswa kelas IIIA semester I SD Laboratorium Undiksha Singaraja, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIA semester I SD Laboratorium Undiksha Singaraja, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng tahun pelajaran 2017/2018, sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukkan pada siklus I data hasil motivasi belajar siswa secara klasikal mencapai 78 % pada kategori tinggi namun masih perlu peningkatan lagi. Pada siklus II secara klasikal mencapai 82 % pada kategori sangat tinggi dan secara keseluruhan motivasi belajar siswa berada pada kategori tinggi atau sangat tinggi. Dengan demikian peningkatan motivasi belajar siswa mencapai 4 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Berbasis Aktivitas Mengomunikasikan pada siswa kelas IIIA semester I SD Laboratorium Undiksha Kec. Buleleng dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IIIA SD Laboratorium Undiksha Singaraja.

 

 


Keywords


kepala bernomor; aktivitas mengomunikasikan; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Brophy, Jere. 2004. Motivating Students to Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dimyati dan Moedjono. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: P2TK Ditjen DIKTI Depdikbud.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. Panduan TeknisPembelajaran dan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Gading, I Kt. 2007. ”Penerapan Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Konsep Diri dan Prestasi Belajar dalam Mata Kuliah Perkembangan Belajar Peserta Didik”. Laporan Penelitian. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Hamalik, Oemar. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi aksara.

Hamidi. 2004. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah,dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Ibrahim, Muhsin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Univesrsity Press.

Kemis, W.C., & Taggart, R. M. 1998. The Action Research Planner. Geelong Victoria: Deakin University.

Khikmawati, Ena. 2012. Peningkatan motivasi belajar siswa yang Berprestasi Rendah Melalui Metode Drill Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II SD Negeri Butuh Kec. Tengaran, kab. Semarang Tahun 2012. Skripsi. Salatiga: STAIN Salatiga.

Kurnianto, P. dkk. 2010. Pengembangan Kemampuan Menyimpulkan dan Mengkomunikasikan Konsep Fisika Melalui Kegiatan Praktikum Fisika Sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6. Universitas Negeri Semarang. http://journal.unnes.ac.id. Diakses tanggal 12 September 2017.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Malang: Ar-Ruzz Media.

Riduwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung Alfabeta.

Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan Terjemahan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiawan, Made Putra. 2013. Model Numbered Head Together Berbantuan CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IVB SDN Purwoyoso 03 Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Trisnayanti, Ni Wayan Ririn. 2017. Efektifitas Implementasi Aktivitas Mengkomunikasikan Berbasis Kepala Bernomor dalam Meningkatkan Dimensi Proses Kognitif. International Journal of Elementary Education. http://e-jornal.undiksha.ac.id. Diakses pada tanggal 8 September 2017.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.