ANALISIS KOMPETENSI GURU DI SDN GIRIMOYO 2 KABUPATEN MALANG

Erna Yayuk Yayuk, Arina Restian, Kuncahyono Kuncahyono

Abstract


The purpose of this research is to know the teacher competence in elementary school of Girimoyo 2 Malang. The research method used in this case is qualitative type, with descriptive approach and done in this step is data analysis taken from interview perspective, this data analysis start from data reduction, data of choice, to conclusion, and data of this instrument taken from interview guide and observation of teachers in the elementary school. The results of this study resulted in 2 findings 1) Competence of teachers after getting educator certificate: able to carry out learning with professional (pedagogic competence, professional, personality, social) and very professional in developing media because of the allowance of teachers.2) competence of teachers who are getting educator certificate : able with good planning, implementation and evaluation, although there is no teacher allowance, business teacher as much as possible for artificial media

Keywords


Analysis; teacher competence

Full Text:

PDF

References


Abdillah, N., dkk. 2014. Opini Stakeholder Dampak Kabijakan Sertifikasi Guru Terhadap Profesionalisme Guru di Kab. Gresik. Jurnal Kependidikan Islam, volume 4 (2): 334-368

Abubakar, A., 2015. Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Kualitas Pendidikan pada Madrasah Aliyah di Kota Kendari. Jurnal “Al-Qalam” Volume 21 (1): 117-128

Arifin anwar, 2006. Eksistensi dan Implementasi UUGD

Borg, W.R. & Gall, M.D. 2003. Educational Research, An Introduction. Fourth Edition. New York: Longman

Budiningsih, A. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Rineka Cipta Jakarta : BPP

Damayanthi, I Gst. Ayu Eka, Anak Agung Gede Agung, Ni Ketut Suarni. 2014. Analisis Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Ditinjau Dari Output Institusi Pada Para Guru SMP Negeri Di Kota Denpasar. E-journal Pacsa Undiksha tersedia di. http;//pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ap/article/download/

Hasanah, N., 2010. Sertifikasi Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Salatiga: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Husni, Yusratul. 2014. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Sltp Di Kota Sawahlunto). Tesis. Program Studi Magister Perencanaan Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas.

Koswara, D., dkk., 2009. Studi Dampak Program Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Profesionalisme dan Mutu di Jawa Barat. Artikel hasil penilitian: Hibah Fundamental Tahun.

Kunandar, 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajran (KTSP) dan Sukses dalam Sertifiaksi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Standar Nasional Pendidikan.

Kristiantari, Mg. Rini2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 3, No. 2.

Masdiantoro. 2016. Pengaruh Kompetensi Profesional, Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas Pgri Yogyakarta

Moleong, L. J., 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhajir, N., 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Murdadi, Imanuel Sri dan EntriSulistari. 2015. Dampak sertifikasi guru dalam peningkatan kompetensi Profesional dikalangan guru SMK Pelita Salatiga. Prosiding Seminar Nasional.

Mustika, Pande Wayan, I Made Sutajaya. 2016. Ergonomi Dalam Pembelajaran Menunjang Profesionalisme Guru Di Era Global. Jurnal Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha Volume 5 Nomor 1.

Ningrum, Komang Septia Cahya2016. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Smp Negeri 6 Singaraja. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE) Volume: 7 Nomor: 2

Rai, I Wayan. 2005. Kompetensi Guru Sosiologi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor: 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional), Penerbit Fokusmedia Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor: 18 Tahun 2007 tentang sertifikasi guru dalam jabatan (Sistem Pendidikan Nasional), Penerbit Fokusmedia Bandung.Fasli jalal, 2007. Sertifikasi Guru Untuk Mewujudkan Pendidikan yang Bermutu




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.