Pengaruh Model Circ Berbantuan Notes Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Undiksha Singaraja

Authors

  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Rediani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh model Cooperative Integrated Reading Compotition (CIRC) berbantuan Notes terhadap minat membaca, 2) pengaruh model CIRC berbantuan Notes terhadap hasil belajar pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran anak SD, 3) secara simultan terdapat perbedaan minat baca dan hasil belajar pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Anak SD antara mahasiswa yang mengikuti metode pembelajaran CIRC berbantuan Notes dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan model bukan CIRC. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy exsperiment) dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Undiksha UPP Singaraja yang mendapatkan mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Anak SD. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Untuk menganalisis data digunakan dua teknik analisis, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis infrensial. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CIRC berbantuan notes terhadap minat baca mahasiswa PGSD Undiksha UPP Singaraja. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CIRC berbantuan notes terhadap hasil belajar mahasiswa PGSD Undiksha UPP Singaraja, dan 3) Terdapat perbedaan minat baca dan hasil belajar mahasiswa yang mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran CIRC berbantuan notes dan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran selain CIRC. Dari simpulan di atas maka ada beberapa saran yang dapat disampaikan yaitu:1) Pembelajaran dengan menggunakan model CIRC berbantuan notes telah terbukti dapat meningkatkan minat baca dan hasil belajar untuk itu disarankan pada para pendidik pengajar belajar dan pembelajaran dapat mengadopsi model pembelajaran ini, 2) Bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sejenis, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan rujukan.

References

Abidin, Yunus. (2012) Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.

Candiasa, I Made. (2004). Statistik Multivariat Petunjk Analisis dengan SPSS. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha .

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Watoyo. 2012. Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dan Minat Membaca Siswa dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansikelas Xi Jurusan IPS SMA Negeri I Paninggaran kabupaten Pekalongan Tahun 2008. JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Unila. Vol 1, No. 3.

Maryati. 2015. Hubungan Antara Lingkungan dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Volume 5, Nomor 2.

Pratiwi Fitri Yuliati, Satrijono Haris, dan Sihono (2016) Pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar bahas a indonesia pada kemampuan membaca menemukan pikiran pokokbacaan siswa kelas IV SDN Manampu 03 Jember Artikel. Universitas Jember. Di akses tgl 9 April 2017

Rahim, Farida. (2007). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sando. 2013. Hubungan antara Lingkungan Belajar dan Minat Membaca dengan Prestasi Belajar Geografi. JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Unila. Vol 1, No. 3.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sulastriani. (2014) Pengaruh Metode Koopertif Tipe CIRC Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Ma Mu’Allimin NW Pancor. Artikel. Diakses tanggal 9 april 2017.

Suyitno, Amin. (2005). Mengadopsi pembelajaran CIRC dalam meningkatkan keterampilan siswa menyelesaikan soal cerita. Makalah. Disajikan dalam Seminar Nasional F Mipa Unesa

Uno, Hamzah. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuli Setya Hartanti, Esti Harini. 2016. Hubungan Antara Minat Membaca dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 No 3.

Downloads

Published

2018-11-29

How to Cite

Rati, N. W., & Rediani, N. N. (2018). Pengaruh Model Circ Berbantuan Notes Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD Undiksha Singaraja. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 446–454. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16166