Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping

Authors

  • Fitriana Ayu Wulandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kristen Satya Wacana Indonesia
  • Mawardi Mawardi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kristen Satya Wacana Indonesia
  • Krisma Widi Wardani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kristen Satya Wacana Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Keywords:

skills, creative, thinking, mind, mapping

Abstract

Rendahnya keterampilan berfikir kreatif siswa dengan model pemebelajaran konvensional. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Khususnya pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Model yang digunakan yaitu model Mind Mapping. Mind Mapping adalah model pembelajaran yang berfungsi untuk menuangkan ide-ide atau gagasan yang menimbulkan percikan-percikan kreatifitas yang diperoleh otak yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model mind mapping. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase yang diperoleh siswa dari tahap pra siklus dengan persentase 28,6% pada kategori sangat kreatif, pada siklus I meningkat menjadi 33,3% pada kategori sangat kreatif dan pada siklus II meningkat menjadi 61,9%. Dengan demikian penerapan model Mind Mapping sangat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dalam penuangan ide-ide baru.

References

Anwar, M. N., Shamim-ur-Rasool, S., & Haq, R. (2012). A Comparison of Creative Thinking Abilities of High and Low Achievers Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(1), 3–8.

Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 164. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.61

Hayati, N. (2013). Perbandingan strategi pembelajaran mind map dan concept map terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali tahun ajaran 2012/2013.

I Wayan Darmayoga, I. W. L. dan A. A. I. N. M. (2013). Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas Iv. I Wayan Darmayoga, I Wayan Lasmawan Dan A.A.I.N. Marhaeni, 3.

KURNIAWATI, D. D. (2010). Pengaruh metode mind mapping dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas viii sekolah menengah pertama muhammadiyah 5 surakarta tahun pelajaran 2009 / 2010.

Muthoharoh, N. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif “Think Pair Share” terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 33–42. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1509

Porter, D. B. dan H. (2008). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Putri, L. O. L. (2016). Mind map sebagai model pembelajaran menilai penguasaan konsep dan alat evaluasi menilai kemampuan berpikir kreatif siswa. Seminar Nasional Pendidikan Dan Saintek 2016, 2.

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sd Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.562

Retnawati, H. (2016). Hambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Dalam Menerapkan Kurikulum Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 390–403. https://doi.org/10.21831/ cp.v3i3.7694

Saifudin, M. H. (2012). Melalui pembelajaran peta konsep pada mata pelajaran IPS kelas V SDN tuntang 02 kecamatan tuntang kabupaten semarang progam studi s1 pendidikan guru sekolah DASAR Hasan , Maulana . 28200103 . 2012 . Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Dan Kelas V Sdn Tuntang.

Selwanus, R. A. (2010). Pembelajaran IPS dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa di SD Negeri Naikoten Satu Kota Kupang. Tesis Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Sucianingtyas, R., Sugiharto, S., & Utomo, S. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Tts) Dengan Kartu Pada Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas Viii Smp N 2 Ngadirojo. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(3), 68–76.

Sulistiyaningsih, E. (2010). Peningkatan kemampuan menulis narasi dengan metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas V SD Negeri Karangasem III Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. (Doctoral dissertation, UNS).

Wana, P. R., Pangestu, W. T., & Agustina, D. A. (2017). Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Direct Instruction Pada Siswa Kelas V Sdn Jiwan 01 Madiun. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(2), 83–88.

Wicaksana, R. B. (2012). Penerapan Pembelajaran IPA dengan Strategi Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN 3 Madiun. Pensa E-Jurnal, 9–25.

Yuniar, S.T., Sunardi, D. K. (2017). Pengembangan Indikator 4C’s yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 SMA Kelas X Pada Materi Trigonometri. Kadikma, 8(3).

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

Downloads

Published

2019-03-26

How to Cite

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174