Studi Kasus Tentang Metode Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17769Keywords:
Studi, Kasus, Tutor, Sebaya, Prestasi, Belajar,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan metode tutor sebaya, pelaksanaan metode tutor sebaya dan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan data berupa informasi yang berdasarkan temuan-temuan di lapangan. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Kembangarum 4 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Sample yang diambil adalah 4 siswa yang menjadi tutor dan 4 siswa yang di bimbing, dengan menggunakan teknik analisis deskriptif fenomenologis. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V dengan bukti nilai rata-rata siswa kondisi awal 59,42 meningkat menjadi 78,19 setelah diterapkan metode tutor sebaya. Melaui perencanaan penerapan metode tutor sebaya guru sebelumnya mengenali karakteristik siswa sehingga guru memilih untuk menerapkan metode tutor sebaya. Dalam pelaksanaan guru memberikan intruksi kepada siswa sebelum menerapkan metode tutor. Siswa yang dianggap pandai dipilih sebagai tutor. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah penerapan metode tutor sebaya dapat berlangsung lebih efektif.References
Armawan, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Metode Tutor Sebaya dan Learning Contracts Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV A MI Islamiyah Sukun Malang. Retrieved from Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang website: https://etheses.uin-malang.ac.id.
Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang PRESS.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hendriansyah, D. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Keterampilan Bermain Ornamen Suling Lubang Enam. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 1(3).
Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.
Megawanti, P. (2012). Meretas Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Formatif, 2(3).
Moleong, L. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nisa, Y. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Unswagati, 2(2).
Sejathi. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi Efektivitas Pembelajaran.
Setiawati dan Usman. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sholi, N. (2015). Penerapan Model Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Reported Speech terhadap Hasil Belajar Peserta didik MAN Kota Probolinggo. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 126–132.
Sugiyono. (2016). Metodologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukayasa. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 20 Toli-Toli Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9).
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Suzar’an, S. (2016). Efektifitas Metode Tutor Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Mandi Anak Tunagrahita Sedang X. Jurnal Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 5(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)