Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772Keywords:
number head together, puzzle, hasil belajar,Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Number Head Together (NHT) berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 01 Damarjati Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Damarjati Jepara dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling yang merupakan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis uji normalitas awal akhir dan uji hipotesis (uji t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan koefisien uji t sebesar 14,175 dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5%. Rata-rata nilai sebelum diberi perlakuan adalah 51 yang berarti kurang dari KKM dan rata-rata nilai setelah diberi perlakuan adalah 78 yang berarti sudah memenuhi KKM. Selisih rata-rata kenaikannya sebesar 27. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle efektif terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 01 Damarjati Jepara tahun ajaran 2018/2019.
References
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif KTI) (3rd ed.). Jakarta: Kencana.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Astrawan, I. G. B. (2015). Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako, 3(4), 227–242.
Dimyati; Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwirahayu, G. N. (2016). Mengembangkan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Permainan untuk Siswa Kelas 1 MI. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 117–138. Retrieved from http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/.
Dzulfikar, A. C. A. V. (2017). Miskonsepsi Matematika pada Guru Sekolah Dasar. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 41–48. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/3409.
Mulyana; Mutia Agisni; Nurdinah Hanifah; Asep Kurnia Jayadinata. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kenampakan Alam dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331–340.
Sudarwati; Budi Utami; Kus Sri Martini. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 4 SMAN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2), 67–73.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Widyastuti, N. S. P. P. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2718/2268.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)