Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik

El Frisa Yunita Anindya, Sri Suneki, Veryliana Purnamasari

Abstract


Kemampuan berliterasi siswa berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis dan kritis serta diperlukannya penguasaan keterampilan yang berupa literasi dasar. Penelitian deskripsi kualitatif menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian mengambil subyek 4 kelas dengan sampel yang diambil dari siswa kelas tinggi beserta guru kelas tinggi SD N Kandang Panjang 10 Pekalongan diolah dengan secara triangulasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolak (GLS) diketahui dari hasil pengisi angket oleh seluruh siswa kelas tinggi di SD N Kandang Panjang 10 Pekalongan pada tahap pembiasaan (55,8%) pada kategori baik. Kriteria tahapan pembelajaran pada kategori baik (72,92%). Sarana dan prasarana yang cukup memadai dengan adaya pojok baca disetiap ruang kelas dengan koleksi buku yang bervariasi, koridor sekolah terdapat poster, serta tersedia mading untuk meletakkan hasil karya tulis siswa.


Keywords


Gerakan Literasi Sekolah (GLS); pembelajaran tematik;

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. et al. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Kadir, A. H. A. (2014). Pembelajaran Tematik. Depok: Rajawali Pers.

Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016, 89 § (2016). Indonesia. https://doi.org/10.1016/j.athoracsur.2009.09.030

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitati, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar


JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id


Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

 Akreditasi SINTA   




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.