Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik

Authors

  • El Frisa Yunita Anindya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Sri Suneki Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah (GLS), pembelajaran tematik,

Abstract

Kemampuan berliterasi siswa berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis dan kritis serta diperlukannya penguasaan keterampilan yang berupa literasi dasar. Penelitian deskripsi kualitatif menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Penelitian mengambil subyek 4 kelas dengan sampel yang diambil dari siswa kelas tinggi beserta guru kelas tinggi SD N Kandang Panjang 10 Pekalongan diolah dengan secara triangulasi data. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolak (GLS) diketahui dari hasil pengisi angket oleh seluruh siswa kelas tinggi di SD N Kandang Panjang 10 Pekalongan pada tahap pembiasaan (55,8%) pada kategori baik. Kriteria tahapan pembelajaran pada kategori baik (72,92%). Sarana dan prasarana yang cukup memadai dengan adaya pojok baca disetiap ruang kelas dengan koleksi buku yang bervariasi, koridor sekolah terdapat poster, serta tersedia mading untuk meletakkan hasil karya tulis siswa.

References

Abidin, Y. et al. (2017). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Kadir, A. H. A. (2014). Pembelajaran Tematik. Depok: Rajawali Pers.

Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016, 89 § (2016). Indonesia. https://doi.org/10.1016/j.athoracsur.2009.09.030

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitati, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Issue

Section

Articles