Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783Keywords:
think pair share, pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS berbantuan media permainan TTS dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD. Sampel penelitian ini adalah SDN 4 jumlah 39 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SDN 3 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes jenis objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thit = 3,82 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 72 diperoleh ttab = 2,00, thit = 3,82 > 2,00. Perhitungan nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran Kooperatif tipe TPS berbantuan media permainan TTS ( 16X"> = 82,69) > dengan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional ( 16X"> =73,94). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS berbantuan media permainan TTS berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.
References
Abdilah, A. &. (2018). Pembelajaran Terpadu : Karakter, Landasan, Fungsi Prinsip Dan Model. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Afandi, Muhammad, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Sultan Agung Press.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publish.
Aribowo, E. K. (2014). Media Pembelajaran DIY: Membuat Flash Card dan Teka-Teki Silang Mandiri. Pembelajaran Bahasa Untuk Meningkatkan Kualitas Manusia Indonesia Yang Berkarakter Dalam Era Mondial, 1(July), 140–150. https://doi.org/10.6084/m9.figshare.6444407
Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.
GM. Putra Aristyadharma, DB.KT.Semara Putra, I. M. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Kongkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Gugus I Kuta, Badung Tahun Ajaran 2013/2014 gm. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Huda, M. (2018). Model-Model Pengpelajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.
I Made Yudha Pranata, I Wayan Suwatra, M. S. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11005
Ketut, S., & MD, S. I. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Soving Dalam Pembelajaran IPA. Learning, 1(2), 75–82.
Ni Putu Ida Handayani1, Made Putra, I. K. A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar PGSD, 5(2), 1–10.
Raditya, I. W., Kristiantari, M. R., & Suara, D. I. M. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2014/2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1–10.
Sadirman. (2014). . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Salahuddin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia Dan Sarana Prasarana Di Mtsn Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1), 1–13.
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT Indeks.
Sari, Z. O., & Septiasari, E. A. (2016). Pendidikan Olahraga, Kreativitas, Komunikasi . JJurnal Olahraga Prestasi, 97–110.
Sucianingtyas, R., Sugiharto, S., & Utomo, S. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (Tts) Dengan Kartu Pada Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas Viii Smp N 2 Ngadirojo. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 2(3), 68–76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)