Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PGSD UPP Denpasar Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV jurusan PGSD UPP Denpasar yang berjumlah 233 orang. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalen Control Group Design. Data hasil belajar pendidikan matematika dikumpulkan dengan tes hasil belajar matematika dan gaya kognitif dikumpulkan den gan tes GEFT. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA berbantuan SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya kognitif terhadap hasil belajar dengan nilai F= 22,676 dengan taraf signifikan 0,05 (0,00<0,05)
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Candiasa, I.M. 2002. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Memprogram Komputer. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Vol. 4 No. 3 Desember 2002 (ISSN 1411-2744).
Dantes. 2012. Metode Penelitian. CV. ANDI OFFSET: Yogyakarta.
Degeng. 2001. Landasan dan Wawasan Pendidikan. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LP3) Universitas Negeri Malang.
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT. Rineka Cipta
Jihad. 2009.Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Koyan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha Press: Singaraja.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Alfabeta. Bandung
Syaodih, Nana. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.
Thubroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Marhaeni. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Meizum, Dewi. 2011. “Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent”. http://www.google.ac.id.gaya belajar/gaya-kognitif-field-dependent-dan-field.html. DiunduhTanggal 25 April 2013.
Muhsetyo, Gatot, dkk. 2008. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Oliver, Richard L. 2010. Satisfaction : A Behavioral Perspective on the consumer. Routledge: Taylor & Francis Group. New York
Poerwarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rahmawati, M. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Kampus. ASSETS, Volume 4 (2). Desember 2014: 225-234
Uno, B. Hamzah. 2010. Orientasi dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i1.15515
Article Metrics
Abstract view : 405 timesPDF file view : 280 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
JURNAL ILMIAH SEKOLAH DASAR IS PUBLISHED BY:
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayan_widiana@yahoo.co.id
Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar terindeks oleh

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar memiliki lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.