Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Kertas Lipat Terhadap Penanaman Konsep Bangun Datar

Authors

  • Rizma Vira Artika Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Rahmat Sudrajat Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Arfilia Wijayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21784

Keywords:

rme, kertas lipat, penanaman konsep bangun datar.

Abstract

Fenomena di sekolah menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika masih terdapat kecenderungan guru jarang menggunakan media/alat peraga, guru menggunakan media/alat peraga seadanya atau sangat sederhana, dan dikemas dengan cara yang kurang menarik perhatian siswa. Kondisi yang demikian menjadikan pembelajaran matematika tidak menarik dan tidak menyenangkan, sehingga tidak optimal dalam membantu siswa untuk memperoleh konsep-konsep matematika.Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model RME berbantu media kertas lipat berpengaruh terhadap penanaman konsep bangun datar mata pelajaran matematika siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD sejumlah 30 siswa. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji normalitas awal pada nilai pretest, uji normalitas akhir pada posttest, uji regresi, serta uji ketuntasan belajar. Teknik pengumpulan data seperti tes dan dokumentasi. Hasil akhir dalam perhitungan uji regresi diperoleh harga rhitung = 0,869 sedangkan harga rtabel = 0,361, karena rhitung > rtabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan siswa dengan penanaman konsep bangun datar mata pelajaran matematika siswa kelas II SD melalui penggunaan model RME berbantu media kertas lipat. Saran yang dapat  disampaikan adalah model RME dapat digunakan guru sebagai salah satu model pembelajaran alternatif, karena model tersebut merupakan model yang menarik dan mudah diterapkan khususnya pada mata pelajaran matematika sebab model ini mengacu berdasarkan pengalaman siswa dan benda-benda nyata atau konkrit.

References

Achmad Achmad, & Irmansyah. (2011). Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (Rme ) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd. Jurnal Pendidikan, 12(1), 33–40. https://doi.org/10.33830/jp.v12i1.483.2011

Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 123–132. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i2.5696

Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32

Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Ar-Ruzz Media.

Gravemeijer. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute. http://repository.upi.edu/operator/upload/d_mat-0604957_chapter2.pdf

Lange, J. De. (1995). Assessment: No change without problems. … in School Mathematics and Authentic Assessment, 1–28. https://doi.org/10.2170/physiolsci.RP000705

Monawati. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 21–32.

Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kertas Origami. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1(2), 78–85. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

SIRAIT, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap Prestasi Bekajar Siswa PAI. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43.

https://doi.org/http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/viewFile/750/659

Suwartini, Sri. 2017. Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4(1); (220-234).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Artika, R. V., Sudrajat, R., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Kertas Lipat Terhadap Penanaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 471–478. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21784