Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Gd. Roni Cahyana Jurusan PGSD, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Dewa Nyoman Sudana Jurusan PGSD, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17767

Keywords:

hasil, belajar, IPA, Word, Square, Tri, Kaya, Parisudha,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan model pembelajaran Word Square berbasis Tri Kaya Parisudha dan siswa yang tidak dibelajarkan model pembelajaran Word Square berbasis Tri Kaya Parisudha pada siswa kelas V di SDN Gugus 6 Sutasoma Kecamatan Kubutambahan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Gugus 6 Sutasoma Kecamatan Kubutambahan yang berjumlah 141 siswa, sampel penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 5 Tajun yang berjumlah 14 siswa dan siswa kelas V di SD Negeri 6 Tajun yang berjumlah 16 siswa. Data dianalisis menggunakan metode tes, instrumennya tes hasil belajar IPA dan bentuk tesnya yaitu tes pilihan ganda. Data yang dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Nilai rata-rata kedua kelas, yaitu kelas eksperimen = 23,64 sedangkan kelas kontrol = 16,25. Hasil analisis data menunjukkan thitung=5,28>ttabel=2,048. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Word Square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 6 Sutasoma Kecamatan Kubutambahan Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Aqib, Z. (2013). Model-model, Media Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Devina, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif dan Kegunaannya Semester 2 Kelas IV SDN Burengan 2 Kota Kediri Ta 2015/2016. Simki-Pedagogia, 1(11).

Hamalik, O. (2006). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Herwandannu, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Menigkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 3 SDN 2 Slempit Kedamean Gresik. JPGSD, 6(12).

Kurniasih, I. B. S. (2015). Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Margono. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Perdani, I. G. A. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Bermotivasi Belajar Berbeda di Kelas IV SD Gugus III Arjuna Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1).

Purwanto, N. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rasana, I. D. P. R. (2009). Model-model Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suardi, M. (2012). Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta Barat: Indeks.

Sudiani, N. L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di Gugus III Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardana, K. M. (2007). Tri Kaya Parisudha. Surabaya: Paramita.

Sukadi; Dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran (Berorientasi Konten Kearifan Lokal Budaya Bali). Singaraja: Undiksha Press.

Tegeh, I. M. (2009). Media Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-06-18

How to Cite

Cahyana, G. R., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 167–176. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17767

Issue

Section

Articles