Pengaruh Motivasi Siswa Setelah Mendapat Model Circuit learning terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19477Keywords:
circuit learning, motivasi, hasil belajarAbstract
Kurangnya pemahaman, kurangnya motivasi belajar siswa, pembelajaran berpusat pada guru sehingga proses pembelajaran membosankan dan sebagian siswa tidak aktif atau tidak terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi siswa setelah mendapat model circuit learning terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan sahabat kita kelas V SD. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimental design dan jenis yang diambil adalah one group pretest posttest desaign. Sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan menggunakan sampling jenuh. Penelitian diperoleh rata-rata posttest sebesar 83,37. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian, maka ada korelasi antara motivasi siswa setelah mendapatkan pembelajaran model circuit learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji korelasi diperoleh rhitung> rtabel yaitu 0,810> 0,349 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang motivasi tinggi dengan siswa yang motivasi rendah setelah mendapat pembelajaran circuit learning. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung> ttabel yaitu 4,570> 1,697 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
References
Abdul Majid dan Chaerul Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kuirikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Ahmad, A. K. H. (2007). Media Pembelajaran. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Aris, S. (2014). Model pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. In 1 (Issue). Yogyakarta: AR-ruz media.
Depdiknas. (2007). Rencana strategis Departement Pendidikan Nasional 2005 - 2009. Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional.
Dewi, D. A. P., Wiyasa, I. K. N., & Ganing, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Negeri 1 Pejeng Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Huda, M. (2014). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar.
Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.
Linda, A. M. (2017). Efektivitas Model Circuit Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMAN 7 Pontianak. Artikel Penelitian, 1–11.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Wulandari, E. D. (2017). Pengaruh Model Circuit Learning Didukung Media Realia Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Fungsi Organ Pernapasan Manusia Siswa Kelas V SDN Burengan Kecamatan Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01(10), 1–13. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/025cbc167ef7ff2ecd230168bbb94342.pdf
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)