Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Misla Misla Universitas Kristen Satya Wacana,Salatiga
  • Mawardi Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana,Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279

Keywords:

PBL, problem bolving matematic, critical thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model Problem Based Learning dan Problem Solving pada pembelajaran Matematika siswa SD yang ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas 5 SDN 1 Terkesi, SDN 2 Terkesi, dan SDN 3 Terkesi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experiment menggunakan Nonequevalent Control Grup Design. Instrumen yang dipakai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah lembar observasi, soal pretest dan posttest dengan bentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan Teknik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning lebih unggul dibandingkan model Problem Solving ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal Matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil akhir yang diperoleh dari kelas eksperimen dengan jumlah siswa (N) sebanyak 35 mempunyai nilai rata-rata sebesar 86,171. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,882 dengan (N) sebanyak 34 siswa. Dari hasil uji T diperoleh bahwa sig. adalah 0,000 <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya kemampuan berpikir kritis model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif secara signifikan dibanding dengan model Problem Solving.

Author Biographies

Misla Misla, Universitas Kristen Satya Wacana,Salatiga

PGSD

Mawardi Mawardi, Universitas Kristen Satya Wacana,Salatiga

PGSD

References

Adiwiguna,S.,Dantes,N.,&Gunamantha,M.(2019).Pengaruh Model Problem Based Learning(Pbl)Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja.Pendasi:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia,3(2),94-103.

Afifah,E.P.,Wahyudi,W.,&Setiawan,Y.(2019).Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika.Must:Journal Of Mathematics Education,Science And Technology,4(1),95-107.

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Ardyanto,Y.,Koeswati,H.D.,&Giarti,S.(2018).Model Problem Based Learning(Pbl)Berbasis Media Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas 4 Sd.Pendekar:Jurnal Pendidikan Berkarakter,1(1),189-196.

Asuan,A.,Mawardi,M.,&Wardani,K.W.(2019).Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Make A Match Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sd Negeri Sidorejo Lor 04 Yang Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis.International Journal Of Elementary Education,3(3),275-283.

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42-46.

Jensen, Eric. 2011. Pemelajaran Berbasis-Otak. Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: Pt Indeks

Kemendikbud .(2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Mawardi & Desty Lusia Sari. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Make A Match Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Kelas 4 Sd Gugus Mawar-Suruh. Scholaria. 5 (3), 82-99.

Mawardi.2018.Merancang Model Dan Media Pembelajaran.Scholaria,1(1):29.

Rachmawati, R. I. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Dan Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dilihat Dari Kemampuan Awal. Indonesian Journal Of Economic Education (Ijee), 1(1).

Reta, I. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 2(1).

Rosita, I. I., & Bahriah, E. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. In Seminar Nasional Pendidikan Ipa-Biologi.

Saat, Sulaiman.2015.Faktor-Faktor Determinan Dalam Pndidikan Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan.Jurnal Al-Ta'dib Vol.8 No.2,Juli-Desember 2015

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 7(1).

Vera, M., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas Vsdn Sidorejo Lor V Salatiga. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Adiwiguna,S.,Dantes,N.,&Gunamantha,M.(2019).Pengaruh Model Problem Based Learning(Pbl)Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja.Pendasi:Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia,3(2),94-103.

Afifah,E.P.,Wahyudi,W.,&Setiawan,Y.(2019).Efektivitas Problem Based Learning Dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Matematika.Must:Journal Of Mathematics Education,Science And Technology,4(1),95-107.

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Ardyanto,Y.,Koeswati,H.D.,&Giarti,S.(2018).Model Problem Based Learning(Pbl)Berbasis Media Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas 4 Sd.Pendekar:Jurnal Pendidikan Berkarakter,1(1),189-196.

Asuan,A.,Mawardi,M.,&Wardani,K.W.(2019).Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Make A Match Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Sd Negeri Sidorejo Lor 04 Yang Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis.International Journal Of Elementary Education,3(3),275-283.

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (Pbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42-46.

Jensen, Eric. 2011. Pemelajaran Berbasis-Otak. Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: Pt Indeks

Kemendikbud .(2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud

Mawardi & Desty Lusia Sari. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Make A Match Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ipa Kelas 4 Sd Gugus Mawar-Suruh. Scholaria. 5 (3), 82-99.

Mawardi.2018.Merancang Model Dan Media Pembelajaran.Scholaria,1(1):29.

Rachmawati, R. I. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving Dan Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dilihat Dari Kemampuan Awal. Indonesian Journal Of Economic Education (Ijee), 1(1).

Reta, I. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 2(1).

Rosita, I. I., & Bahriah, E. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit. In Seminar Nasional Pendidikan Ipa-Biologi.

Saat, Sulaiman.2015.Faktor-Faktor Determinan Dalam Pndidikan Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan.Jurnal Al-Ta'dib Vol.8 No.2,Juli-Desember 2015

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 7(1).

Vera, M., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas Vsdn Sidorejo Lor V Salatiga. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Downloads

Published

2020-04-02

How to Cite

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24279