Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.30878Kata Kunci:
Sarana, Prasarana, PJOKAbstrak
Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemui di lapangan yaitu mengenai sarana dan prasarana pembelajaran di sekolah yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersedian sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada SMA/SMK Negeri se-Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Yang menjadi subjek penelitian adalah SMA Negeri 1 Pekutatan dan SMK Negeri 5 Negara. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis atau menggambarkan secara detail hasil penelitian yang diperoleh. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dipaparkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMA Negeri 1 Pekutatan mendapat skor total sebesar 130, Sementara ituuntuk ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMK Negeri 5 Negara mendapatkan total skor sebesar 90. Dengan hasil tersebut maka ketersedian sarana dan prasarana PJOK pada SMA/SMK Negeri se-Kecamatan Pekutatan Kabupaten Jembrana masuk ke dalam kategori Cukup “C”. Disarankan bagi guru PJOK, sekolah dan pemerintah untuk selalu memperhatikan dan juga melengkapi sarana dan prasarana secara berkelanjutan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.
Referensi
Anggriawan s., &Fajar, B. D. (2018). Survei ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di sekolah smp se-kecamatan kebomas kab.gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 266–270.
Arimbawa, I. G. A. A., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2), 1–9.
Asad, H. A., Mulyadi., & Sugiharto, W. (2020). Survei sarana dan prasarana olahraga di smp negeri sekecamatan prabumulih timur. Jurnal Muara Olahraga, 3(1), 11–20. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pjkr/article/view/335.
Bete, D. (2019). Ketrampilan guru pendidikan jasmani dalam mengatasi kekurangan sarana dan prasarana pembelajaran di smp. Jurnal Sport and Science, 2(1), 1–13.
Cahyati, N. N., & Hariyanto, E. (2019). Survei sarana dan prasarana dalam pembelajaranpendidikan jasmani dan kesehatan di sekolah dasar negeri di kabupaten pasuruan. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 111–120. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/issue/view/716/showToc.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.157.
Hadi, S. F. D. K. (2013). Survei pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada satuan pendidikan sd, smp, sma negeri se-kecamatan karangan kabupaten trenggalek.1(1), 64–69.
Hanggara A. S. D. (2019). Learning infrastructure facilities for physical education, sports and health public elementary schools. Jurnal Skripsi: Program Sarjana Universitas Negeri Semarang
Herlina & Suherman, M. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (pjok) di tengah pandemi corona virus disease (covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 8(1), 1-7.
Herman, H., & Riady, A. (2018). Survey sarana dan prasarana pendidikan jasmani di smp/ mts swasta kabupaten pangkep.SPORTIVE: Journal of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 27. https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5624.
Indrawathi, N. L. P., Dewi, P. C. P., & Widiantari, N. L. G. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas vii smp negeri 5 kuta selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1). 239-247.
Junaedi, A., & Wisnu, H. (2015). Survei tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sma dan ma negeri sekabupaten gresik. 3(3), 834–842.
Jordan. (2019). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sma negeri 9 bulukumba kabupaten bulukumba. Jurnal Skripsi: Universitas Negeri Makasar.
Khikmah, A. (2019). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani di madrasah tsanawiyah (mts) se-kecamatan klojen kota malang pada semester ganjil tahun 2017. Sport Science, 1(1), 12–19.
Mulya, G., & Lengkana, A. S. (2020). Pengaruh kepercayaan diri, motivasi belajar terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2), 83. https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13781.
Murtiningsih. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Sarana Belajar, Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Penerima Bsm (Bantuan Siswa Miskin) Smp Negeri Di Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 178–191. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n2.p178-191.
Natal, Y. R., & Bate, N. (2020). Manajemen pengelolaan saran dan prasarana pjok. Jurnal Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 9(2), 70-82.
Nugraha, K. A., & Nurharsono, T. (2020). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani di kecamatan kedu kabupaten temanggung.Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(2), 382–388. https://doi.org/10.4324/9780203135716-22.
Nopiyanto, Y., Raibowoa, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan guru pendidikan jasmani generasi 80-an dalam pebelajaran daring di tengah pandemi covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139–148.
Nugraha,G.B.M. (2018).Pengembangan media pembelajaran pjok berbasis kartu gerak aktivitas pengembangan untuk siswa kelas xi sma negeri sukasada.
Nurjanah, V. L., & Mulyana, N. (2019). Implementasi outdoor eucation terhadap motivasi belajar pendidikan jasmani. Journal of Physical Education and Sport Science, 3(1), 9-14.
Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). The role of rhythmic gymnastics for physical fitness for elementary school students. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1 SE- Article), 89–97. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v5i1. 12551.
Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 4(1), 110-116.
Qoulbi, G. A., & Alnedral. (2020). Pelaksanaan pembelajaran PJOK di kelas XII sma negeri 1 batusangkar dilihat dari sudut perencanaan, proses, dan evaluasi. Jurnal Patriot, 2(1), 148-158.
Risandy, L. A., Kusaini, H. M., & Hamid, A. (2020). Analisis tingkat kebugaran jasmani ditinjau dari sarana dan prasarana pendidikan jasmani pada peserta didik sekolah menengah pertama negeri karang intan tahun 2019/2020.urnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga,1(1), 1–7.
Saleh, M. S., & Ramdhani, S. (2020). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan tingkat kesegaran jasmani siswa kelas viii smp pgri barembeng kabupaten gowa.Journal Coaching Education Sports, 1(1), 49–62. https://doi.org/10.31599/jces.v1i1.86.
Satyawan, I. M. (2015). Survei sarana dan prasarana dalam pembelajaran penjasorkes di sma/smk/ma kabupaten buleleng tahun pelajaran 2014/2015. 3(2), 54–67.
Setiyoko, H. (2019). Survei sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di smp negeri se-kabupaten pacitan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 345–348.
Sudibyo, N. A., &Nugroho, R. A. (2020). Survei sarana dan prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada sekolah menengah pertama di kabupaten pringsewu tahun 2019. Journal of Physical Education (JouPE), 1(1), 18–24.
Sugiarto, B. G. (2019). Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pendidikan jasmani di sekolah dasar inklusi. Jurnal Ilmu Keolahragaan,2(2), 138–155.
Suranto. (2015). Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan Dan Sarana Prasarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Sma Khusus Putri Sma Islam Diponegoro Surakarta. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 11–19. https://doi.org/10.2317/jpis.v25i2.1532.
Wicaksono, G.H. (2019). Kreativitas guru penjas terhadap proses pembelajaran penjas di sekolah menengah pertama negeri sekecamatan kebumen kabupaten kebumen 2018. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 95-100.
Wiraguna, I. N., Lanang, I. G., Parwata, A., & Semarayasa, I. K. (2020). Motivasi mengikuti pembelajaran pjok peserta didik sma di kecamatan bangli dalam pembelajaran daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Unidksha,8, 185–194.
Yusuf, J. (2016). Survei tingkat kemajuan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatandi sekolah menengah atas (sma) negeri se-kabupaten bangkalan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)