Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.51985Kata Kunci:
Minat, Berolahraga, Pandemi Covid-19Abstrak
Kurangnya pengawasan dari guru dalam proses pembelajaran secara online. Masih banyak yang belum paham tentang pembelajaran PJOK secara online sehingga rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK dimasa pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode survei, sedangkan jenis survei yang digunakan yaitu survei kuisioner yang dijawab oleh peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI dengan jumlah 360 orang. Sampel dipilih berdasarkan convenience sampling yang ini diambil 25% dari populasi penelitian, total sampelnya adalah sebanyak 90 orang. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor minat mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi Covid-19 pada peserta didik MAN diperoleh sebesar 70,69%. Hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata minat mengikuti pembelajaran PJOK di masa pandemi Covid-19 pada peserta didik MAN berada pada interval 83 kurang dari 90, sehingga berada pada katagori baik. Peserta didik diharapkan untuk mempertahankan minatnya yang sudah sangat tinggi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat dapat digunakan sebagai acuan bagi sekolah dan guru untuk mempertahankandan meningkatkan minat serta motivasi siswa untuk mengikuti pembelajran secara daring di masa pandemi Covid 19.
Referensi
Aziz, A., Saddhono, K., & Setyawan, B. W. (2022). A parental guidance patterns in the online learning process during the COVID-19 pandemic: case study in Indonesian school. Heliyon, 8(12), e12158. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e12158.
Chyon, F. A., Suman, M. N. H., Fahim, M. R. I., & Ahmmed, M. S. (2022). Time series analysis and predicting COVID-19 affected patients by ARIMA model using machine learning. Journal of Virological Methods, 301, 114433. https://doi.org/10.1016/j.jviromet.2021.114433.
Dewi, R. P., & Sepriadi, S. (2021). Minat Siswa SMP Terhadap Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Masa New Normal. Physical Activity Journal (PAJU), 2(2), 205–215. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.3988.
Fauzan, lazuardy akbar, & Dirgantoro, E. W. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Atlet Pencak Silat Pplp Kalimantan Selatan. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 80 – 86. https://doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3729.
Hasanah, N. R., Adi, I. P. P., & Suwiwa, I. G. (2021). Survey Pelaksaan Pembelajaran Pjok Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 189–196. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1295.
Imani, A. T., & Raharjo, H. P. (2021). Minat Dan Aktivitas Gerak Siswa SMP N 2 Kandangan Dalam Pembelajaran Penjas Daring Pada Masa Pandemic Covid-19. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(2), 465–470. https://doi.org/10.15294/INAPES.V2I2.45457.
Isa, F., Forleo-Neto, E., Meyer, J., Zheng, W., Rasmussen, S., & Armas, D. (2022). Repeat subcutaneous administration of casirivimab and imdevimab in adults is well-tolerated and prevents the occurrence of COVID-19. International Journal of Infectious Diseases, 122, 585–592. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2022.06.045.
Kustria, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Motivasi mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan peserta didik SMA/SMK di Kecamatan Rendang di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173–184. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646.
Mendrofa, F. (2021). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2125–2131. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1124.
Mustafa, A. F. (2022). Gambaran pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) selama pandemi covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia, 1(2), 213 – 225. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i2.25.
Nopiyanto, Y. E., & Ibrahim, I. (2021). Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Filsafat Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development, 8(3), 177–181. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2773.
Putri, N. A., M.S, Z., & H, O. S. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Peningkatan Nilai Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Jarak Jauh Ppda Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2164 – 2170. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1171.
Rahmawati, D., Panca Adi, I. P., & Semarayasa, I. K. (2021). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34830.
Santosa, J. A. (2021). Motivasi Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Pjok di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 75–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i2.31241.
Sati, S., Setiana, D., & Amelia, A. N. (2022). Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 51–57. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1899.
Satyawan, I. M., Wahjoedi, W., & Swadesi, I. K. I. (2021). The effectiveness of online learning through Undiksha e-learning during the covid-19 pandemic. Journal of Education Technology, 5(2), 191–199. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.32364.
Siboy Yasa, K. E., Adi, I. P. P., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(2), 32–37. https://doi.org/10.23887/ijst.v2i2.34855.
Subakti, H., Oktaviani, S., & Anggraini, K. (2021). Implementasi gerakan literasi sekolah pada masa pandemi covid-19 dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2489–2495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1209.
Suprianto, I. W., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.23887/ijst.v1i1.34831.
Widiutama, P. A., Adi, I. P. P., & Semarayasa, I. K. (2021). Motivasi Peserta Didik Mengikuti Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.35433.
Wulandari, A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhammad Muammar, H. Wahjoedi, Ni Luh Putu Spyanawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)