Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Teknik Dasar Passing Bola Voli

Authors

  • I Made Jana Putra Wiana Jana Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan Olahraga Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Budaya Astra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.52064

Keywords:

model pembelajaran kooperatif tipe NHT, hasil belajar, teknik dasar passing voli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar PJOK Teknik Dasar Passing Voli melalui penerapan model pembelajaran tipe NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Triamerta Singaraja tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 19 peserta didik. Pengumpulan data hasil belajar PJOK Teknik Dasar Passing Voli menggunakan tes untuk hasil belajar aspek kognitif serta lembar observasi untuk hasil belajar aspek afektif dan psikomotor. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, yaitu menghitung persentase ketuntasan klasikal dan hasil rata-rata persentase antar siklus kemudian dibandingkan dengan kriteria keberhasilan tindakan. Disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar PJOK Teknik Dasar Passing pada permainan bola voli peserta didik kelas VIII SMP Triamerta Singaraja tahun pelajaran 2021/2022. Disarankan kepada guru PJOK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyediakan alat atau fasilitas mevariasikan pembelajaran dan lain-lain agar peserta didik lebih tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran.

References

Apri Aji Arjun,Susi Yundarwati, P. M. Y. (2019). Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan,FPOK IKIP Mataram Email :dedihariady14@gmail.Cm.

Aprilia, L. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Kurikulum 2013. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 85. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2530.

Astuti, W. (2019). Pengaruh Model Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 605–610. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.45.

Dadri, P. C. W., & Putra, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. International Journal of Elementary Education, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517.

Diah Purwati, N. L. P., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Numbered Head Together Berbantuan Gambar Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 282. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19275.

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186.

Juliartini, N. M., & Arini, N. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Nht Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III. Journal of Education Action Research, 1(3), 240. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12688.

Jumadi, F., Laksana, A. A. N. P., & Prananta, I. G. N. A. C. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK pada Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bolavoli Melalui Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 423–440. https://doi.org/10.5281/zenodo.5027642.

Kanca, I. N. (2010). Metode penelitian pengajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Universitas Pendidikan Ganesha.

Kristian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together ( Nht ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas Iv Sdn 4 Banda Aceh. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, IX(2), 71–82. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/169/157.

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160.

Luh Putu Spyana Wati, K. Y. P. (2016). Pengaruh Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Dasar Senam Lantai Pada Mahasiswa Jurusan Penjaskesrek Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 97. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932.

Maman, M., & Rajab, A. A. (2016). The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Improving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(2), 174–180. https://doi.org/10.11591/ijere.v5i2.4536.

Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016.

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (numbered head together) terhadap hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132–140. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517.

Parwata, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran NHT Terhadap Hasil Belajar Geometri Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa SD https://doi.org/. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 291. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21368.

Pendy, A., & Mbagh, H. M. (2021). Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542.

SY, N., Corebima, A., & Susilo, H. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1993—1998-1998. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.7310.

Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303.

Tusyana, E., & Luciana, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pkn. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812.

Widodo, A. (2018). Makna Dan Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Insan. December.

Yenni, R. F. (2016). Metode Numbered Head Together ( NHT ) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 263–267. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1006.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Jana, I. M. J. P. W., Budaya Astra, I. K., & Suwiwa, I. G. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Teknik Dasar Passing Bola Voli . Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 138–145. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i2.52064

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)