Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Groundstroke Forehand dan Backhand dalam Permainan Tenis Lapangan

Authors

  • I Made Dwi Aksara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Semarayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.61578

Keywords:

Media video pembelajaran, Tenis lapangan, Model ADDIE

Abstract

Pendidik belum banyak yang memanfaatkan media pembelajaran sehingga pada saat proses pembelajaran masih berkesan monoton dan membosankan. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media pembelajaran berbasis video tuorial dalam permainan tenis lapangan teknik dasar groundstroke forehand dan backhand dengan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan instrumen kuisioner dalam bentuk skala skor. Pengembangan video pembelajaran divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain, ahli media pembelajaran dan ahli praktisi lapangan. Setelah itu dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek penelitian ini melibatkan mahasiswa kelas IKI semester IV Penjaskesrek. Berdasarkan penilaian ahli isi materi mendapatkan nilai 94,6% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran mendapatkan nilai 96% dengan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 99% dengan kategori sangat baik dan penilaian ahli praktisi lapangan mendapatkan nilai 96% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba produk yaitu pada uji coba perorangan mendapatkan nilai 92,6% dengan kategori sangat baik, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai 93% dengan kategori sangat baik dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan nilai 93,7% dengan kategori sangat baik. Simpulan media pembelajaran berbasis video tutorial yang dikembangkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran.

References

Afrizal, Gegoh Ananda, & Syahputra. (2022). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Video Tutorial Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Putri Kelas VI SD Negeri 16 Banda Aceh. SJS: Silampari Journal Sport, 2(3), 23–30. https://doi.org/10.55526/sjs.v2i3.354.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Ipa Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Aryanata, I. W. Y., Jampel, I. N., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Media Video Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pada Pelajaran Penjaskes. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 186. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27164.

Asih, T., & Ujianti, P. (2021). Inovasi Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Powtoon pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 375. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36665.

Budoya, C. M., Kissake, M. M., & Mtebe, J. S. (2019). Instructional design enabled Agile Method using ADDIE Model and Feature Driven Development method Christian Misobi Budoya , Mussa M . Kissake and Joel S . Mtebe. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 15(1), 35–54. https://www.learntechlib.org/p/209737/%0Ahttps://www.learntechlib.org/p/209737/article_209737.pdf.

Darsana, I. M. A., Satyawan, I. M., Spyanawati, N. L. P., Astra, I. K. B., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717

Gunarto, P., & Adnyana, I. K. S. (2020). Pengaruh Metode Latihan Drill dan Alley Rally Terhadap Akurasi Groundstrokes Top Spin Tenis Lapangan. Jurnal Penjakora, 7(2), 143. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i2.27908.

Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3883–3891. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1469.

Hartini, S. (2021). Upaya Pengenalan Olahraga Bridge Melalui Video Tutorial Di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 3(1), 20–25. https://doi.org/10.22437/ijssc.v3i1.12619.

Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.643.

Jafar, A. F., Rusli, R., Dinar, M., Irwan, I., & Hastuty, H. (2020). The Effectiveness of Video-Assisted Flipped Classroom Learning Model Implementation in Integral Calculus. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education, 2(1), 97–103. https://doi.org/10.35877/454ri.asci2144

Kawka, M., Gall, T. M., Fang, C., Liu, R., & Jiao, L. R. (2022). Intraoperative video analysis and machine learning models will change the future of surgical training. Intelligent Surgery, 1, 13–15. https://doi.org/10.1016/j.isurg.2021.03.001.

Kemenko. (2022). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. Pemerintah Republik Indonesia, 1–89.

Kennelly, R. J. (1996). IEEE standards for physical and data communications. In Biomedical Instrumentation and Technology (Vol. 30, Issue 2, pp. 172–175).

Lapitan, L. D., Tiangco, C. E., Sumalinog, D. A. G., Sabarillo, N. S., & Diaz, J. M. (2021). An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. Education for Chemical Engineers, 35, 116–131. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012.

Listiawati, E., & Qomariah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Bus Math (Business Mathematic) Pada Materi Barisan dan Deret. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 136–149. https://doi.org/10.35719/mass.v1i2.30.

Mahlianurrahman, & Syamsu, F. D. (2019). Pengembangan Video Tutorial terhadap Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar. Elementary :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1359.

Nurfadillah, S., & dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Power Point Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 368–385.

Nurtanto, M., Sofyan, H., & Pardjono, P. (2020). E-learning based autoCAD 3D interactive multimedia on vocational education (VE) learning. Journal of Engineering Education Transformations, 34(1), 1–7. https://doi.org/10.16920/jeet/2020/v34i1/147793.

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168.

Parida, L., & dkk. (2018). Pengaruh Pembelajaran Video Tutorial Terhadap Prestasi Belajar. 8(1), 12–21.

Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20257.

Prabawa, I. K. R., Satyawan, I. M., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Pengembangan video permainan PJOK berbasis tematik (tema kegemaranku) untuk siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 11–26. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.3.

Prabowo, E. M., Mintarto, E., & Nurkholis, N. (2022). Variasi dan Kombinasi Permainan Gerak Dasar Atletik Lompat dalam Pembelajaran PJOK Siswa Sekolah Dasar. Discourse of Physical Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i1.604.

Pratiwi, M. S., Zulherman, & Amirullah, G. (2021). The Use of the Powtoon Application in Learning Videos for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115.

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.

Saputri, K. A. L., & Suwiwa, I. G. (2022a). Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Petanque. Mimbar Ilmu, 27(2), 254–261. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.37893.

Saputri, K. A. L., & Suwiwa, I. G. (2022b). Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Petanque. Mimbar Ilmu, 27(2), 254–261. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.37893.

Semara, T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 99–107. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104.

Siregar, D. S., Asmaidah, S., & Siregar, D. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelaaran Teradap Minat Belaar Siswa SMA NEGERI 1 Angkolan Selatan. 3(3), 40–47.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Supriyani, M. D., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD dengan Media Video Animasi Pembelajaran. Mimbar PGSD Undikhsa, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974.

Sya’bania, N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 4(2), 34–44. https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.19117.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

W. Tabor, S., & P. Minch, R. (2013). Student Adoption & Development of Digital Learning Media: Action Research & Recommended Practices. Journal of Information Technology Education: Research, 12(5), 203–223. https://doi.org/10.28945/1882.

Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan Video Interaktif pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154.

Wijaya, kadek ari, Budaya Astra, I. K., & Spyanawati, N. L. P. (2022). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 74–81. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.48712.

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Yusa, A. A. G. D., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2022). Video Pembelajaran Geometri Dua Dimensi Berbasis Animasi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD, 10(3), 533–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51372.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Aksara, I. M. D. ., & Semarayasa, I. K. . (2023). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Groundstroke Forehand dan Backhand dalam Permainan Tenis Lapangan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(2), 156–162. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i2.61578

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)