Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Smash Gunting dan Smash Gulung dalam Pemainan Sepak Takraw
DOI:
https://doi.org/10.23887/jiku.v11i3.65500Keywords:
Pengembangan, Video Tutorial, Sepak TakrawAbstract
Berdasarkan hasil observasi pada praktik pembelajaran sepak takraw selama proses pembelajaran yang sudah berlangsung pengajar dalam pengelolaan kelas masih cenderung berpusat pada pengajar (teacher center) dan belum menerapkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial materi smash gunting dan smash gulung dalam permainan sepak takraw. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) Implementasi (implementation), (5) evaluasi (evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini melibatkan ahli desain pengembangan, ahli isi bidang studi atau pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan 7 orang mahasiswa Penjaskesrek. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner. Metode dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari uji ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 95% (sangat baik), uji ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 94% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 95% (sangat baik), uji ahli praktisi lapangan memperoleh skor 95% (sangat baik), uji coba perorangan memperoleh skor 94,20% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 94,35% (sangat baik). Diperoleh simpulan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial materi teknik dasar smash gunting dan smash gulung dalam permainan sepak takraw ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905.
Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Patriot, 3(3), 314–328. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i3.806.
Carolin, L. L., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas X Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.931.
Dewi, P. D. P., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar Siswa Kelas I SD. Jurnal EDUTECH Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775.
Ekaprasetya, S. N. A., Salsabila, S. R., Arifin, M. H., & ... (2022). Peran Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan …, 6(1), 3987–3992.
Gaffar, A., Maulidin, & Wardani, I. K. (2021). Keseimbangan Tubuh Dan Koordinasi Mata Kaki Dengan Kemampuan Passing Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 2(3), 126–130. https://doi.org/10.36312/jcm.v2i3.543.
Giana, G. J., & Lutfi, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Pada Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 1 Sakra. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 20–29. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1390.
Hanafi, M., Hakim, A., & Bulqini, A. (2020). Pengaruh Model Permainan Target Terhadap Akurasi Mengumpan Dalam Permainan Sepak Takraw. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 3(1), 23. https://doi.org/10.26740/jses.v3n1.p23-29.
Hardianto, W., & Makrifah, I. A. (2021). Pengembangan Video Tutorial Teknik Serangan Pencak Silat Menggunakan Pacing Pad untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Patria Educational Journal, 1(1). https://doi.org/10.28926/pej.v1i1.63.
Hidayat, R., Budi, D. R., Purnamasari, A. D., Febriani, A. R., & Listiandi, A. D. (2020). Faktor Fisik Dominan Penentu Keterampilan Bermain Sepak Takraw. Jurnal Menssana, 5(1). https://doi.org/10.24036/jm.v5i1.127.
Kartika, I. A. N. A. Y., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Pointing dalam Permainan Petanque. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 4(2), 74–83. https://doi.org/10.23887/ijst.v4i1.45030.
Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learnin untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987.
Mandalika, M., & Syahril, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin Indonesia. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 85–92. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.725.
Mardiana, A., Doewes, M., & Purnama, S. K. (2019). Development of learning media based on video tutorial on basketball based shooting techniques. Journal of Education, Health and Sport, 9(5), 298–303. Retrieved from https://apcz.umk.pl/JEHS/article/view/6925.
Melindawati, S., Apfani, S., & Suryani, A. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Konsep Dasar IPS di PGSD STKIP Adzkia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i2.114255.
Mislan, & Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16.
Pratama, S. M., & Wiyaka, I. (2021). Profil Kondisi Fisik, Teknik, dan Psikis Atlet Sepak Takraw. Jurnal Olahraga & Kesehatan Indonesia, 1(2), 109–115.
Preayani, K. K., Semarayasa, I. K., & Gunarto, P. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Sila dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(3), 257–263. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.51332.
Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 86. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417.
Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Desain Grafis) di politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810.
Putra, F. W. (2020). Hubungan Persepsi Kinestetik Dengan Keterampilan Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1). https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10398.
Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140.
Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985.
Saputri, K. A. L., & Suwiwa, I. G. (2022). Media Pembelajaran Video Tutorial Teknik Dasar Lempar Petanque. Mimbar Ilmu Undiksha, 27(2), 254–261. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.37893.
Saputro, D. B., & Supriyadi, S. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Sepak Sila Sepak Takraw Untuk Tingkat Pemula. Indonesia Perfomance Journal, 1(2), 112–118. https://doi.org/10.17977/um077v1i22017p112-118.
Suparman, Ilham, & Indriyani. (2022). Pengembangan Video Tutorial Sepak Sila Pada Pembelajaran Sepak Takraw Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1187.
Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848.
Suryani, & Abadi, R. A. (2022). Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Video Tutorial dalam Materi Tendangan Samping Pencak Silat Siswa SMA 5 Kendari. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(1). https://doi.org/10.46838/spr.v3i1.140.
Widhiasih, A. P., & Yunita, S. (2021). Pengembangan Permainan Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Anak Usia Dini. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 1. https://doi.org/10.31000/ceria.v10i1.4831.
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda, I. W. I. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ketut Widianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)