Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Secara Daring

Authors

  • Kristiani Ekaristi Br Tarigan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Agus Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Putu Dwi Sucita Dartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39522

Keywords:

minat belajar, PJOK, pembelajaran daring

Abstract

Terlaksananya pembelajaran PJOK secara daring berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi Covid-19 SMP Negeri 5 Singaraja khususnya kelas VII dan VIII. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri 5 Singaraja, dimana teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, diperoleh jumlah sampel sebanyak 233 orang peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan kategori rentanan skala. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 9 (3,86%) peserta didik dalam kategori sangat tinggi, 133 (57,08%) peserta didik dalam kategori tinggi, 86 (36,91%) dalam kategori sedang, 4 (1,72%) peserta didik dalam kategori rendah dan 1 (0,43%) peserta didik dalam kategori sangat rendah. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah minat belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri 5 Singaraja termasuk pada kategori tinggi, dengan rata-rata skor mencapai 81,62. Disarankan kepada guru untuk meningkatkan minat belajar peserta didik guna memperlancar proses pembelajaran PJOK secara daring dengan memperhatikan fator internal dan eksternal yang mempengaruhi minat peserta didik.

Author Biographies

Kristiani Ekaristi Br Tarigan, Universitas Pendidikan Ganesha

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI

Made Agus Wijaya, Universitas Pendidikan Ganesha

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI

Ni Putu Dwi Sucita Dartini, Universitas Pendidikan Ganesha

PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI

References

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Retrieved From Http://E-Journal.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Gulawentah/Article/View/66.

Cahyaningtyas, T. N. (2020). Analisis Dampak Pandemi Virus Corona Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas II SD Percobaan II Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 1–7.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.445.

Darminto, A. O. (2017). Analisis Minat Belajar Penjas Terhadap Kemampuan Bermain Sepakbola Pada Siswa Putera SMA Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. Jurnal Genta Mulia, 8(1), 1. Retrieved From Https://Ejournal.Stkipbbm.Ac.Id/Index.Php/Gm/Article/View/125.

Dartini, N. P. D., Suwiwa, I. G., & Spyanawati, L. P. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Sukasada. JURNAL PENJAKORA, 4(1), 27–37. Https://Doi.Org/10.23887/Penjakora.V4i1.11751.

Edy, K., Yasa, S., Adi, I. P. P., Luh, N., & Spyanawati, P. (2020). Minat Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesiam Journal Of Sport & Tourism, 2(10), 32–37. Https://Doi.Org/Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Ijst.V2i2.34855.

Fauzi, R., Achmad, I. Z., & R, A. K. Y. (2020). Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Jasmani Di Sman 2 Cikarang Pusat. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 37–46. Https://Doi.Org/10.31602/Rjpo.V3i2.

Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education And Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. Https://Doi.Org/10.37081/Ed.V9i1.2290.

Hadi, L. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Student Perceptions Of Online Learning During Covid-19 Pandemic. Jurnal Zarah, 8(2), 56–61. Https://Doi.Org/10.31629/Zarah.V8i2.2464.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19, 8(1), 496–503. Https://Doi.Org/Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index. Php/Jpap/Article/View/ 8503/4094.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal Of Mathematics Education And Applied, 02(01), 45–51. Https://Doi.Org/10.36655/Sepren.V2i1.364.

Imansyah, F. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Penjas Orkes Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Penjas Orkes Siswa SMA Negeri Se-Kecamatan Pengandonan. In Prosiding Seminar Nasional. Retrieved From Https://Jurnal.Univpgri-Palembang.Ac.Id/Index.Php/Prosidingpps/Article/View/2040/0.

Jahya, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Kemdikbud. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kompri, M. P. (2017). Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Media Akademi.

Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. Https://Doi.Org/10.25273/Jems.V1i2.143.

Magdalena, I., Hanifah, H., Agustin, J. T., & Fitriani, M. A. (2021). Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring Materi Menulis Karangan Narasi Kelas V SDN Karangharja. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 164–176. Https://Doi.Org/10.36088/Bintang.V3i1.1289.

Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1129.

Ningsih, N. L. P. R., Darsana, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Korelasi Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(3), 202–209. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V6i3.21097.

Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal Of Physical Activity And Sports, 1(1), 133–146. Https://Doi.Org/10.53869/Jpas.V1i1.26.

Pangestu, B., Lanang, I. G., Parwata, A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat Dan Motivasi Berprestasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal Of Sport & Tourism, 3(November), 48–55. Https://Doi.Org/10.23887/Ijst.V3i2.31937.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class Dengan Google Classroom Dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. Https://Doi.Org/10.30599/Jipfri.V4i1.669.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.341.1.

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 Di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. Https://Doi.Org/10.26858/Jkp.V5i1.16820.

Rahmawati, I. Y., & Yuliati, B. (2020). Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 5(1), 27–39.

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan Pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko Melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.3881891.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. Https://Doi.Org/10.36835/Bidayatuna.V3i2.638.

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMPN 30 Makassar. Jurnal Kinestetik, 4(1), 55–62. Https://Doi.Org/10.33369/Jk.V4i1.10347.

Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Hubungan Minat Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Kelas VI SDN 25 Jati Tanah Tinggi. Journal Of Elementary Education, 3(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i2.18.

Satyawan, I. M. (2015). Survei Sarana Dan Prasarana Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di SMA/SMK/MA Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2014/2015, 2(1), 28–38. Https://Doi.Org/10.23887/Penjakora.V2i1.11308.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2008). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprianto, D. (2020). Minat Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas XI SMK Negeri 2 Negara. Indonesian Journal Of Sport & Tourism, 2(1), 8–14. Https://Doi.Org/10.23887/Ijst.V1i1.34831.

Sutapa. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi COVID-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). Pediatric Critical Care Medicine, 1(1), 19–29.

Verawati, R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Hubungan Antara Minat Baca Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 351–363. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V8i3.25518.

Wardika, I. N. (2019). Penerapan Permainan Tradisional Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar PJOK. Journal Of Education Action Research, 3(3), 231–240. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V3i3.17377.

Widiartini, N. K. (2017). Uji Validitas Instrumen Pengukuran. Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 1(1), 530–535.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i3.142.

Downloads

Published

2021-11-17

How to Cite

Br Tarigan, K. E., Wijaya, M. A., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Secara Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 173–181. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39522

Issue

Section

Articles